Panas! Sebelum Bubar Massa Aksi Kontra Hasil Pilpres 2024 Bakar Ban di Area Patung Kuda

Panas! Sebelum Bubar Massa Aksi Kontra Hasil Pilpres 2024 Bakar Ban di Area Patung Kuda

Masa Aksi Demo Tolak hasil Pilpres 2024 di Patung Kuda, Monas -chandra pratama-fin.co.id Disway Grup

FIN.CO.ID - Suasana panas terjadi pada aksi demo tolak hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di area Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat pada Jumat, 19 April 2024.

Massa aksi yang menolak hasil pilpres 2024 membakar dua tumpuk ban dan juga poster.

Berdasarkan pantauan fin.co.id, aksi bakar ban itu dilakukan pada pukul 17.05 sebelum para demonstran itu membubarkan diri. 

Nampak salah seorang oknum menyiram bensin, lalu terjadi kepulan asap yang menghitam. Kemudian sejumlah demonstran itu malah asyik berfoto di tengah kobaran api yang membara.

Terdengar teriakan "Allahhu Akbar" dari atas mobil komando sebelum aksi bakar ban itu dilakukan. Kemudian koordinator yang sedang berorasi meminta para demonstran untuk mundur dari barisan. 

Lalu setelah mobil komando melawati bakaran ban itu, massa aksi bergegas meninggalkan area patung kuda sambil diiringi dengan shalawat.

BACA JUGA:

Diketahui, terdapat dua massa aksi. Antara kubu yang ingin mendiskualifikasi 02 dan juga kelompok yang pro terhadap keputusan hasil pilpres 2024.

Sementara itu, aksi massa yang membakar ban diinisiasi oleh Forum Bersama Relawan 01 (Forbes 01), Front Pembela Daulat Rakyat (FPDR), Gerakan Penyelamat Kedaulatan Rakyat (GPKR), Tri Pilar dan Poros Buruh.

Tri pilar itu merupakan gabungan dari FPI, PA 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF-Ulama).

Massa pro dan kontra hasil Pilpres 2024 terlibat bentrok di Area Patung Kuda, Jakarta Pusat. Tampak kedua massa saling melempar botol, ranting, hingga batu. 

Sebelumnya pukul 14.55 WIB massa pro hasil Pilpres mulai mendatangi area Monas. Tak lama kemudian, massa pro hasil Pilpres mendekati area massa aksi yang menolak hasil Pilpres. Terlihat beberapa massa juga sempat adu mulut.

Dengan adanya aksi demo itu berimbas kepada penutupan jalan. Jalan Medan Merdeka Barat arah menuju Gedung MK dipasangkan kawat berduri dan barrier beton.

Sedangkan jalan ke arah M.H. Thamrin juga dilakukan pengamanan. Banyak aparat kepolisian yang berjaga di area tersebut.(candra pratama)

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: