Viral! Aksi Sopir Jatuh Bangun Kejar Truk yang Jalan Sendiri di Tol Kalikangkung Semarang

Viral! Aksi Sopir Jatuh Bangun Kejar Truk yang Jalan Sendiri di Tol Kalikangkung Semarang

Sopir Jatuh Bangung Kejar Truk di Gerbang Tol Kalikangkung-@radio_elshinta-X

 

BACA JUGA:

Pentingnya Rem Tangan 

Jangan Anggap Sepele! Pentingnya Rem Tangan untuk Keamanan Kendaraan Anda

Rem tangan, sering juga disebut rem parkir, kerap dianggap sebagai fitur pelengkap pada kendaraan. Padahal, fungsinya sangat krusial untuk keselamatan Anda dan pengendara lain. Artikel ini akan membahas pentingnya rem tangan dan hal-hal yang perlu Anda ketahui.

1. Keamanan Saat Parkir

Fungsi utama rem tangan adalah menjaga kendaraan tetap diam saat parkir, terutama di tempat dengan permukaan tidak rata. Rem tangan bekerja dengan mengunci roda belakang mobil, sehingga mencegahnya menggelincir yang bisa menyebabkan kecelakaan.

2. Keamanan Tambahan

Rem tangan menjadi keamanan tambahan, terutama saat Anda parkir di tanjakan atau turunan. Meskipun Anda sudah menggunakan rem pedal, rem tangan dapat membantu mencegah mobil bergerak mundur (tanjakan) atau maju (turunan) secara tidak terkendali.

3. Mengurangi Beban Rem Utama

Saat parkir di tempat dengan kondisi tertentu, seperti tanjakan curam, penggunaan rem tangan dapat mengurangi beban kerja rem utama (rem pedal). Hal ini penting untuk menjaga keawetan rem utama, yang lebih sering digunakan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan saat berkendara.

4. Mencegah Kegagalan Rem Utama

Dalam situasi darurat dimana rem utama mengalami kegagalan, rem tangan bisa menjadi penyelamat. Anda dapat menarik rem tangan secara perlahan untuk memperlambat laju kendaraan. Namun, perlu diingat bahwa kemampuan pengereman rem tangan tidak sekuat rem utama.

5. Cara Menggunakan Rem Tangan yang Benar

Tarik tuas rem tangan hingga Anda merasakan bunyi klik yang menandakan rem sudah aktif.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: