Puncak Arus Balik Lebaran Selesai, Polri Resmi Hentikan Skema One Way, Tapi Contraflow Masih Berlaku

Puncak Arus Balik Lebaran Selesai, Polri Resmi Hentikan Skema One Way, Tapi Contraflow Masih Berlaku

ilustrasi - Lalin arus balik di Tol Trans Jawa -Istimewa-Jasa Marga

FIN.CO.ID - Puncak arus balik lebaran telah terlewati. Polri pun memutuskan menghentikan rekayasa lalu lintas dengan skema one way. 

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan pihaknya telah resmi menghentikan rekayasa lalu lintas one way mulai Tol Kalikangkung KM 414 hingga Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 72 pada Selasa, 16 April 2024 pukul 08.00 WIB.

Dengan demikian, lalu lintas di ruas jalan tersebut berlaku normal dua arah.

"Berdasarkan hasil pantauan baik personel di lapangan, visual CCTV, dan arus lalu lintas yang terbaca pada Traffic Counting mengalami penurunan yang signifikkan dan masih di bawah parameter, maka rekayasa one way dari KM 414 GT Kalikangkung s.d KM 72 Cipali dihentikan menjadi pukul 08.00 WIB yang semula dijadwalkan pukul 12.00 WIB," katanya, Selasa, 16 April 2024.

BACA JUGA:

Meski demikian, untuk mengurai kepadatan arus balik pemudik, Polri masih memberlakukan skema contraflow atau lawan arus sebanyak 2 lajur ke arah barat Jawa di sepanjang Km 70 hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek.

"Contraflow 2 lajur akan dilakukan dari Km 70 hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek," lanjutnya.

Tol Jakarta-Cikampek Padat

Puncak arus balik sudah terasa. Hal itu terlihat dengan adanya Kemacetan panjang yang di Jalan Raya Cikampek pada Selasa dini hari, 16 April 2024.

Berdasarkan pantauan Disway Grup pukul 04.00, kemacetan itu mengular dari depan RSIA Sentul Cikampek sampai di pintu masuk Gerbang Tol Karawang Timur 1 arah Jakarta.

Kurang lebih kemacetan itu diperkirakan hampir 14Km. Terlihat para pengendara roda dua banyak yang menepi di pinggir jalan untuk beristirahat.

BACA JUGA:

Salah satunya adalah Eko Setiawan (42), dirinya berangkat dari Pemalang ingin menuju Grogol, Jakarta Barat.  

"Macet mas, makanya saya istirahat dulu. Perjalanan masih lumayan jauh nih," ujarnya.

Eko menyampaikan, untuk perjalanan menuju ke Jakarta tak akan buru-buru. Berjalan santai, namun tetap sampai ditujuan dengan selamat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: