Viral! Ceramah Ning Umi Laila Singgung Rhoma Irama Soal Narkoba Lewat Lagu 'Mirasantika'

Viral! Ceramah Ning Umi Laila Singgung Rhoma Irama Soal Narkoba Lewat Lagu 'Mirasantika'

Ning Umi Laila Singgung Rhoma Irama Lewat Lagu Mirasantika-@sedihrianayadi-tiktok

FIN.CO.ID - Pendakwah muda, Ning Umi Laila menjadi sorotan setelah menyinggung musisi ternama Rhoma Irama.

Dalam ceramahnya, Ning Umi Laila menyampaikan materi ceramah Rhoma Irama soal narkoba. Bahkan Ustazah tersebut sampai memparodikan lagu 'mirasantika' karya sang Raja Dangdut.

Melalui Video yang beredar dari akun TikTok @sedihrinahyadi membuat nama Neng Umi Laila menjadi viral di media sosial.  

"Ada orang gembar-gembor jangan narkoba, jangan pakai sabu-sabu, tapi ternyata secara tidak langsung ngak sengaja anaknya kena narkoba," ujarnya Ning Laila dilihat FIN.CO.ID pada Rabu, 17 April 2024.

BACA JUGA:


Ning Laila berani menyebutkan nama Rhoma Irama yang dia maksud menggembar-gemborkan tidak terjebak narkoba tapi anaknya yang memakai.

"Sinten buk? Oh mboten sumerep (Siapa bu? Oh tidak tahu). Rhoma Irama," lanjutnya.

Umi Laila menyanyikan memparodikan lagu Mirasantika ciptaan Rhoma Irama dengan suara merdunya. Lalu ia mengajak para jamaah yang mengikuti ceramahnya untuk menyanyikan lagu yang berisi pesan untuk jauhi narkoba.

"Dulu aku gila padamu, dulu aku memang gila, dulu aku suka padamu, dulu aku memang suka, sekarang aku tahu kau dapat menghancurkan hidupku," Ucap Umi Laila yang menyanyikan lagu Mirasantika.

@sedihrianahyadi Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda terkait ghibah: "Tahukah kamu, apa itu ghibah?" Para sahabat menjawab, "Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu." Kemudian Beliau bersabda, "(Ghibah yaitu) kamu membicarakan (menyebut-nyebut) saudaramu atas hal-hal yang tidak disukainya (dibencinya)." Ditanyakan kepada Rasulullah, "Lalu bagaimana jika apa yang aku bicarakan itu memang benar ada pada diri saudaraku?" Rasulullah SAW berkata, "Jika apa yang kamu bicarakan itu memang ada pada diri saudaramu, maka kamu telah menggunjingnya. Dan jika yang kamu bicarakan itu tidak ada pada diri saudaramu, maka kamu telah berbuat kedustaan (kebohongan) terhadapnya." (HR Muslim) Adapun, terkait larangan ghibah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan Tirmidzi. "Barang siapa menahan ghibah terhadap saudaranya, maka Allah akan menyelamatkan wajahnya dari api neraka kelak pada hari kiamat." (HR Tirmidzi) Kemudian, dalam hadits lainnya Nabi SAW juga melarang perilaku ghibah sekaligus menyebut konsekuensi yang akan diganjar pada hari kiamat kelak. "Barang siapa yang menutup aib saudara muslimnya, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat, dan barang siapa yang mengumbar aib saudara muslimnya, maka Allah akan mengumbar aibnya hingga terbukalah kejelekannya di dalam rumahnya." (HR Ibnu Majah 2536) Allah SWT bahkan melarang hamba-Nya untuk bergunjing. Hal ini tertuang dalam surat Al Hujurat ayat 12, يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, jauhilah banyak prasangka! Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Bertakwalah kepada Allah! Sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang. Sumber Detik.com YT MUHAMAD AMIN #rhomairama #ningumilaila #viral #ghibah #ustadzah ♬ suara asli - Sedih Rian Ahyadi

 

BACA JUGA:


Lalu Ustazah kembali mengingatkan jika lagu Rhoma Iama sangat bagus dan memiliki makna tersirat.

"Padahal pangapunten, Rhoma Irama niku lagunya sae-sae buk. Uapik (Padahal maaf, Rhoma Irama itu lagu-lagunya bagus-bagus bu. Sangat bagus). Semuanya lagunya itu punya makna tersirat, maksud e niku ojok mendem, ojok narkoba (maksudnya itu jangan mabuk, jangan narkoba), dia bisa menghancurkan hidupmu. Tapi ternyata kecolongan," ujar Umi Ning Laila.

Video ceramah yang menyinggung narkoba menjadi viral seperti yang diunggah oleh akun TikTok @sedihrianahyadi yang menyertakan keterangan video berisi hadits tentang ghibah.

Video yang diunggah akun tersebut saat ini telah ditonton sebanyak 8,1 juta kali. Video itu mendapatkan 111.700 suka dan mendapatkan lebih dari 11.100 komentar. Tidak sedikit warganet yang terpancing mengikuti narasi gibah seperti yang disertakan pemilik akun dan menyalahkan Ning Umi Laila.

Cukup banyak komentar warganet yang menganggap Ning Umi Laila telah menggunjingkan Rhoma Irama. Namun tidak sedikit yang membelanya dengan menyatakan apa yang dikatakan sang ustazah adalah fakta.

BACA JUGA:

Pada tahun 2021, anak Rhoma Irama yakni Ridho Rhoma dihukum dua tahun penjara atas kasus narkoba untuk kedua kalinya.

Anak Rhoma Irama dipenjara di Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

Ridho Rohoma ditangkap satuan Narkoba Polres Tanjung Priok di sebuah apartemen kawasan Jakarta Selatan.

Saat itu, polisi menemukan 3 butir ekstasi dari Ridho Rhoma. Barang terlarang itu ia sembunyikan di dalam bungkus rokok. Polisi menyebut Ridho Rhoma mengonsumsi barang haram tersebut untuk bersenang-senang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan Ridho Rhoma menggunakan barang haram itu saat mendatangi sebuah acara di Bali. Saat dilakukan penangkapan, dia belum sempat menggunakan barang haram tersebut.

"Pada saat ditangkap nggak sempat dipakai, dia baru pesan beli dengan menggunakan kurir, kemudian dia transfer kepada bandarnya itu," kata Yusri di Polres Depok, Jalan Margonda Raya.

Sebelumnya, Ridho Rhoma juga pernah ditangkap karena kedapatan menggunakan narkoba jenis sabu pada empat tahun lalu. Dia divonis 10 bulan rehabilitasi.

Terkait kasus pertama itu, Ridho Rhoma bebas pada Januari 2018. Namun putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) memberatkan hukuman Ridho Rhoma menjadi 18 bulan. Dia pun harus kembali ke penjara dan baru bebas pada 2020.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: