Pemudik Jurusan Jawa Tengah dan Sumatera Mulai Meningkat di Terminal Bus Kota Bekasi

Pemudik Jurusan Jawa Tengah dan Sumatera Mulai Meningkat di Terminal Bus Kota Bekasi

Situasi jalur keberangkatan di Terminal Bus Kota Bekasi-(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Keberangkatan penumpang mudik dari Terminal Bus Kota Bekasi mulai mengalami lonjakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Kepala Terminal Bus Kota Bekasi, Hermawan mengungkapkan, peningkatan jumlah pemudik yang akan berangkat terjadi usai jadwal libur sekolah.

"Untuk lonjakan atau peningkatan arus mudik dari terminal ini, paling tidak 2 hari ini sudah ada peningkatan, kurang lebih 40 persen dari hari biasa," ungkap Hermawan, Kamis 4 April 2024.

Tercatat, sebanyak 1.200 orang telah berangkat dari Terminal Bus Kota Bekasi dan diprediksi tanggal 7-8 April 2024 menjadi puncak arus mudik lebaran 2024.

BACA JUGA :

"Kita prediksi di tanggal 7-8, mungkin nanti setelah libur semua para pegawai, pekerja, pabrik, nanti baru ada peningkatan atau mungkin jadi puncak arus mudik di terminal ini," jelasnya.

Hermawan mengatakan, kini tujuan Jawa Tengah dan Sumatera yang umumnya mulai terjadi kenaikan jumlah penumpang dari Terminal Bus Kota Bekasi.

"Untuk AKAP itu Sumatera, itu sudah kita monitor arah Padang dan Palembang. Untuk Jawa itu Pekalongan, Purwokerto yang sudah alami peningkatan," kata Hermawan.

Untuk antisipasi adanya lonjakan jumlah penumpang, pihaknya kini telah berkoordinasi dengan perwakilan Perusahaan Otobus (PO) untuk menyiapkan bus cadangan.

BACA JUGA:

"Jadi bus cadangan di persiapkan di sekitar Bekasi, kalau di terminal jangan karena sudah penuh. Nanti ketika lonjakan sudah terjadi, dipanggil atau mungkin dimasukkan ke terminal Bekasi," ucapnya.

Pengelola Terminal kini juga telah melakukan tes kesehatan, agar tidak ada pengmudi bus yang sakit selama bertugas mudik lebaran 2024.

"Selain ramp check kendaraan bus, kali ini kita melaksanakan cek kesehatan pengemudi bus, yang mungkin nanti akan melayani angkutan lebaran," tuturnya.

Ratusan sopir dan kernet bus tersebut, langsung menjalani beberapa tes yang dilakukan langsung oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: