3 Jalan Tol di IKN Diujicoba Juni-Juli 2024

3 Jalan Tol di IKN Diujicoba Juni-Juli 2024

Kawasan Inti Pemerintahan IKN Nusantara-Birkompu-

FIN.CO.ID - Tiga ruas jalan tol di IKN akan akan diujicoba pada Juni dan Juli 2024 mendatang. Jalan tol yang diujicobakan antara lain, Jalan Tol 3A, Jalan Tol 3B dan Jalan Tol 5A. 

"Uji coba ini agar memudahkan agar memudahkan akses masuk ke IKN. Terutama dari Balikpapan," ujar Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, Jumat, 29 Maret 2024.

Menurutnya, rata-rata progres pembangunan tiga ruas jalan tol itu mencapai 70 persen."Itu juga nanti pada bulan Agustus belum selesai. Tetapi secara fungsional dapat dilewati," ujarnya.

Ia mengatakan, hal itu biasa dilakukan pada waktu proses pembangunan jalan tol di Pulau Jawa. Terutama dilakukan untuk keperluan jalur mudik sebelum Lebaran. 

"Beberapa jalan ada proses pekerjaan tetapi memungkinkan untuk digunakan. Karena dia fungsional, sementara pekerjaan kita hentikan nanti kita lanjutkan," imbuhnya.

BACA JUGA:

Dirinya merinci, pekerjaan infrastruktur di IKN terbagi menjadi 2 batch (kelompok), yaitu batch 1 dan batch 2. Menurutnya, batch 1 itu adalah pekerjaan yang dimulai sejak tahun 2022.

"Batch 2 dimulai sejak April 2023. Jadi mungkin batch 2 baru satu tahun, kalau batch 1 sudah hampir dua tahun lebih," paparnya.  

Danis mengungkapkan, pekerjaan batch 1 terdiri dari pekerjaan-pekerjaan utama. Seperti, bendungan, jalan tol, kantor presiden, istana, gedung pemerintahan dan jalan-jalan kawasan.  

Kemudian pekerjaan batch 2 seperti, apartemen untuk ASN dan TNI/Polri, bandara VVIP, dan lainnya. "Progres pembangunan untuk batch 1 mencapai 78 persen, sedangkan batch 2 mencapai 27 persen," urainya.

Menurutnya, percepatan pembangunan ini untuk mendukung acara perayaan HUT Kemerdekaan RI pada  17 Agustus 2024. Percepatan pembangunan juga untuk mencapai target penyelesaian pekerjaan infrastruktur pada Desember 2024.

"Untuk 17 Agustus itu ada kegiatan misalnya Istana ada lapangan upacaranya sudah siap. Kemudian, pemerintahan juga sudah pindah," pungkasnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: