Warga Ungkap, Dokter Gadungan di Bekasi Kerap Diagnosis Penyakit yang Sama Dengan Pasien Lainnya

Warga Ungkap, Dokter Gadungan di Bekasi Kerap Diagnosis Penyakit yang Sama Dengan Pasien Lainnya

Polres Metro Bekasi mengungkap praktik dokter gadungan-(Tuahta Aldo / fin.co.id)-

FIN.CO.ID - Polres Metro Bekasi membongkar praktik dokter gadungan, yang telah membuka klinik selama 5 tahun di Cikarang Selatan tanpa memiliki izin.

Salah satu warga sekitar, Riza (31) mengungkapkan, keseharian dokter gadungan Sunaryanto (39) terlihat seperti masyarakat pada umumnya.

"Kesehariannya dilihat pake celana kolor pendek, kaos kutang doang, dia suka siram tanaman jadi kayak bukan dokter, sering liatnya begitu," ungkap Riza saat dikutip, Sabtu 23 Maret 2024.

Menurutnya, dokter gadungan itu nampak terlatih ketika menjalani pemeriksaan terhadap pasien, sehingga dirinya tidak menaruh curiga terhadapnya.

BACA JUGA :

"Kalau diluar tuh beda banget sama kalau udah di dalem ruangan periksa, beda banget ngomongnya pinter. Kalau diluar kesehariannya kayak orang biasa pake kaos biasa celana pendek nyiram-nyiram tanaman," jelasnya.

Dirinya menjelaskan, warga sekitar mempunyai julukan khusus terhadap dokter gadungan tersebut, karena kerap mendiagnosis penyakit yang sama.

"Kenapa dijuluki itu, kalau warga yang berobat datang kesana itu pasti dibilang (didiagnosa) sakit tipus," kata Riza.

Selain itu informasi yang didapat olehnya, tersangka pernah membuka praktik klinik di lokasi lain Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi.

BACA JUGA : 

Diketahui sebelumnya, Polisi mengungkap praktik dokter gadungan yang membuka klinik di Perumahan Taman Cikarang Indah, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi.

Dalam pengungkapan kasus itu, polisi menangkap 1 orang dokter gadungan yang telah menjalankan praktik klinik selama 5 tahun tanpa memiliki dokumen perizinan.

Sunaryanto ditangkap kepolisian pada hari jumat tanggal 15 Maret 2024 lalu, sekitar pukul 19.30 WIB di Klinik miliknya yang bernama Prataman Keluarga Sehat.

Klinik kesehatan di Bekasi yang dikelola oleh dokter gadungan terbaru, telah beroperasi sejak tahun 2019 dan baru terungkap pada tahun 2024.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: