DPRD Nilai KJMU Dapat Ciptakan SDM Unggul pada 2045

DPRD Nilai KJMU Dapat Ciptakan SDM Unggul pada 2045

KJMU 2023--

FIN.CO.ID - Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dinilai dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul pada 2045. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Johnny Simanjuntak.

"Kalau kita mau konsisten mencapai Indonesia emas dan bonus demografi, salah satu instrumen utama untuk mencapai itu adalah sumber daya manusia,  generasinya baik,” kata Johnny kepada wartawan di Jakarta, Sabtu 9 Maret 2024.

BACA JUGA:

Menurut dia, pendidikan wajib menjadi priorotas terutama bagi pelajar yang berprestasi dari kalangan tidak mampu. Sehingga mereka harus diberi akses untuk mendapatkan pendidikan dengan subsidi dari pemerintah DKI Jakarta.

“Pendidikan bagi anak-anak unggul dari keluarga tidak mampu harus diberikan dan jangan diabaikan, apalagi dicabut haknya itu,” pungkasnya.

Dia menegaskan, kebijakan memangkas ribuan penerima manfaat KJMU harus dibatalkan. Karena, kata dia, klasifikasi kategori kemiskinan yang bersumber dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) tak sepenuhnya sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Tidak usah lagi diklasifikasikan tingkat kemiskinannya lantaran KJMU ini kebijakan bidang pendidikan,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI memastikan KJP Plus dan KJMU akan disalurkan tepat sasaran karena bersumber pada DTKS dengan kategori layak yang ditetapkan per Februari dan November 2022 serta per Januari dan Desember 2023 yang disahkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta juga membuka kembali pendaftaran penerima bantuan KJMU bagi seluruh mahasiswa yang memiliki KTP Jakarta.

 "Kami kembali menyediakan akses pendaftaran kembali KJMU untuk adik-adik mahasiswa," kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu 6 Maret 2024.

BACA JUGA:

Mahasiswa yang ingin mendaftar dapat mengakses https://p4op.jakarta.go.id/kjmu/beranda.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: