Dokter Korsel Mogok Massal, Militer Siapkan UGD

Dokter Korsel Mogok Massal, Militer Siapkan UGD

Dokter Korsel Mogok Massal Militer Siapkan UGD -fin/yonhap-

FIN.CO.ID - Ribuan dokter di Korea Selatan (Korsel) mogok besar-besaran terhadap rencana pemerintah untuk meningkatkan penerimaan sekolah kedokteran. Militer pun mempersiapkan UGD untuk publik.

Tindakan para pekerja medis itu menimbulkan kekhawatiran terkait layanan rumah sakit dan perawatan pasien akan lumpuh. 

“Jika sektor medis sipil melanjutkan pemogokan … militer kami akan membuka ruang gawat darurat di 12 rumah sakit militer. Termasuk Rumah Sakit Angkatan Bersenjata Ibu Kota," kata juru bicara kementerian Jeon Ha-kyou, pada Senin, 19 Februari 2024. 

Ha-kyou juga menuturkan militer Korsel akan memberikan dukungan dalam perawatan pasien darurat.

BACA JUGA:

Aksi bersama yang direncanakan kalangan dokter merupakan bagian dari protes terhadap keputusan pemerintah untuk menambah 2.000 kursi pada kuota pendaftaran sekolah kedokteran di Korsel tahun depan. 

Penambahan jumlah tersebut menjadi peningkatan signifikan dari 3.058 kursi yang ada saat ini. Para dokter dan mahasiswa kedokteran telah menyuarakan keberatan atas rencana pemerintah tersebut. 

Mereka berpendapat bahwa jumlah dokter sudah mencukupi dan peningkatan kuota mahasiswa kedokteran akan mengakibatkan perawatan medis yang tidak diperlukan.

Dengan mengambil contoh negara-negara maju lainnya yang menghadapi kekurangan dokter, pemerintah Korsel beralasan bahwa negara harus mulai melatih lebih banyak dokter untuk memenuhi tantangan terkait masyarakat yang menua dengan cepat.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: