Profil Kukuh Haryanto, Pengamen yang Jadi Caleg dengan Suara Terbanyak di Partai Demokrat

Profil Kukuh Haryanto, Pengamen yang Jadi Caleg dengan Suara Terbanyak di Partai Demokrat

Kukuh Haryanto, caleg DPRD Kabupaten Wonogiri peraih suara terbanyak di Partai Demokrat.-FIN/TikTok @kukuhporso-

FIN.CO.ID - Pesta demokrasi pemilihan umum (pemilu) yang dilakukan pada Rabu 14 Februari 2024 patut disyukuri dengan gegap gempita, tak terkecuali oleh Kukuh Haryanto. Bagaimana tidak, pengamen asal Wonogiri, Jawa Tengah, itu berhasil meraup suara terbanyak di Partai Demokrat yakni 141 suara.

Kukuh juga sempat viral setelah video kampanyenya trending di akun media sosial (medsos) TikTok yang tembus hingga belasan juta penonton. Melalui akun TikTok @kukuhporso, Kukuh mengenalkan lagu-lagu ciptaannya sekaligus mengkampanyekan dirinya sebagai calon wakil rakyat.

BACA JUGA:

Kukuh sehari-hari dikenal sebagai musisi jalanan atau pengamen. Kukuh sudah menjadi pengamen sekitar 20 tahun.

Bahkan, dalam kurun waktu itu Kukuh kerap berkeliling ke sejumlah wilayah di sekitar Jawa tengah seperti Klaten, Karanganyar, Solo, Sragen, dan Wonogiri. Pria berambut gilbal ini juga kerap bernyanyi di perkampungan dan pasar.

Kini nama Kukuh kembali jadi sorotan setelah berhasil meraup suara terbanyak di Partai Demokrat pada Pemilu 2024. Tak banyak pengamen yang berani mengambil keputusan seperti Kukuh yang terjun ke dunia politik.

Kukuh maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Wonogiri Dapil 1 melalui Partai Demokrat. Dapil 1 Wonogiri itu melingkupi Kecamatan Wonogiri, Selogiri, Manyaran, Wuryantoro dan Eromoko.

Kukuh memberanikan diri terjun ke dunia politik lantaran ingin memberikan hal yang positif untuk masyarakat. Kukuh juga tidak memiliki financial, dirinya hanya menggunakan jaringan pertemanan dan niat yang baik untuk masyarakat.

Niat yang kuat untuk memperbaiki wilayahnya yakni Wonogiri Timur yang sering kekurangan air. Dia berharap, setelah dirinya terjun ke politik bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Dia juga berharap, dapat bermanfaar bagi anak muda yang memiliki bakat bermusik. Dia ingin anak muda itu pada maju melalui musik.

Kemudian sejumlah potensi di wilayahnya dapat terangkat dan memakmurkan masyarakat sekitar agar lebih maju lagi.

BACA JUGA:

Berikut perolehan suara caleg Partai Demokrat:

1. Kukuh Haryanto: 141 suara

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Mihardi

Tentang Penulis

Sumber: