Masa Tenang Pemilu 2024, Petugas Turunkan 184 Ribu Alat Peraga Kampanye di Kabupaten Bekasi

Masa Tenang Pemilu 2024, Petugas Turunkan 184 Ribu Alat Peraga Kampanye di Kabupaten Bekasi

Petugas gabungan turunkan Alat Peraga Kampanye di Kabupaten Bekasi memasuki masa tenang Pemilu 2024-Dokumen Istimewa-

BEKASI, FIN.CO.ID - Memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, petugas gabungan menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang di wilayah Kabupaten Bekasi.

Berdasarkan data yang fin.co.id dapat, sedikitnya 184 ribu APK telah di turunkan oleh petugas gabungan berjenis billbord, spanduk, bendera partai dan lain sebagainya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi mengungkapkan, pihaknya telah menerbitkan surat imbauan kepada Partai Politik (Parpol) untuk menurunkan APK.

“Kami sudah melayangkan surat imbauan pada tanggal 9 Februari, untuk penurunan APK secara mandiri," ungkap Akbar Khadafi, Minggu 11 Februari 2024.

BACA JUGA :

Menurutnya, imbauan yang disampaikan Bawaslu Kabupaten Bekasi tersebut tidak diindahkan oleh para Parpol, sehingga tidak ada APK yang diturunkan.

"Kami tunggu hingga 1x24 jam, tapi tidak ada (Parpol) yang menurunkan,” jelasnya.

Memasuki masa kampanye, diketahui setiap sudut wilayah termasuk Kabupaten Bekasi terpasang APK,.namun tidak memerhatikan estetika sekitar.

Berdasarkan catatan Bawaslu, APK yang dipasang Parpol jelang Pemilu 2024 mencapai ribuan, namun justru tidak diturunkan kembali.  

BACA JUGA :

“Ya kami sudah memberikan waktu untuk menurunkan APK secara mandiri oleh Parpol dan juga anggota DPD. Tapi memang tidak ada yang menurunkan sehingga kami berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menurunkannya,” ucapnya.

Secara terpisah Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi, Surya Wijaya mengatakan, sebanyak 275 personel diturunkan untuk proses penertiban APK di wilayahnya 

Dari total seluruh anggota yang diturunkan, petugas di lapangan dibagi dalam 5 tim dan ditugaskan untuk menurunkan APK di seluruh wilayah memasuki masa tenang.

“Kami bagi jadi lima tim, di antaranya tiga tim di jalan nasional, satu tim di jalan kalimalang dan satu tim lagi di jalan provinsi mulai dari Cikarang sampai Cibarusah. Jadi kami bersama melakukan penurunan APK di masa tenang ini," kata Surya Wijaya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: