ILC Buat Polling, Anies-Muhaimin Unggul Telak 40 Persen!

ILC Buat Polling, Anies-Muhaimin Unggul Telak 40 Persen!

ILC polling Twitter--

FI.CO.ID- Akun Twitter Indonesia Lawyers Club @ILCTalkshow membuat polling terkait pasangan capres-cawapres pada Pilpres 2024. 

Polling tersebut dibuat setelah debat capres terakhir yang dilakukan pada Minggu malam 4 Februari 2024. 

"#PollingILC #DebatPilpres Debat terakhir Capres & Cawaapers baru saja selesai. Pemilu tinggal 10 hari lagi. Siapa pilihan Anda?" tulis ILC di X. 

Polling tersebut dibuat terbuka dan bisa diikuti oleh siapapun yang mimiliki akun X dan telah diikuti sebanyak 320.804 netizen. 

Setelah polling berjalan sehari, hasilnya paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat vote sebanyak 40 persen.

Kemudian disusul paslon Prabowo-Gibran mendapat suara sebanyak 33 persen. Kemudian disusul Ganjar-Mahfud sebanyak 26 persen. 

"HASIL AKHIR! 40% voters memilih @aniesbaswedan @cakimiNO,  33% @prabowo @gibran_tweet, 26% @ganjarpranowo @mohmahfudmd & 1% ABSTAN. Polling ini dilakukan secara terbuka menggunakan fitur “poll” di twitter // TERIMA KASIH 320ribu voters yg sdh ikut berpartisipasi #PollingILC," tulis akun ILC. 

BACA JUGA:

Lalu apakah polling capres di media sosial bisa jadi rujukan?

Jawabannya tidak sesederhana itu. Polling capres di media sosial memiliki beberapa potensi sebagai rujukan, namun juga memiliki banyak keterbatasan. 

Misalnya, metodologi yang tidak akurat. Banyak polling di media sosial tidak menggunakan metodologi ilmiah yang valid, sehingga hasilnya tidak dapat diandalkan.

Kemudian ada potensi kecenderungan manipulasi, seperti penggunaan bot atau akun palsu untuk meningkatkan suara capres tertentu.

Lalu representasi yang tidak merata. Pengguna media sosial tidak selalu mewakili populasi secara keseluruhan, sehingga hasil polling mungkin tidak mencerminkan preferensi publik secara akurat.

BACA JUGA:

2 Lembaga Survei Ini Prediksi Prabowo vs Anies di Dua Putaran

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: