Rumah Dinas Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Digeledah KPK, Mobil Mewah dan Tumpukan Uang Tunai Disita

Rumah Dinas Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Digeledah KPK, Mobil Mewah dan Tumpukan Uang Tunai Disita

Petugas KPK di sela penggeledahan di rumah dinas Bupati Sidoarjo, Rabu (31/1/2024) -Marul-Marul

FIN.CO.ID - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di sisi barat Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 31 Januari 2024.

Penggeledahan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB, saat ada kegiatan perayaan Hari Jadi ke-165 Kabupaten Sidoarjo.

Penyidik yang mengenakan rompi KPK menggeledah rumah dinas saat Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor memimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke-165 Kabupaten Sidoarjo di Alun-Alun Sidoarjo, depan pendopo kabupaten.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan dari hasil penggeledahan pihaknya menyita sejumlah uang, dokumen, hingga mobil. Dikatakannya penggeledahan dilakukan di sejumlah titik di Sidoarjo, Jawa Timur terkait kasus dugaan pemotongan dan penerimaan uang di lingkungan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

“Selasa (30/1), Tim Penyidik telah selesai melaksanakan penggeledahan di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lokasi dimaksud diantaranya adalah Pendopo Delta Wibawa, Kantor BPPD, dan rumah kediaman pihak terkait lainnya,” katanya dalam keterangannya, Rabu, 31 Januari 2024.

Dijelaskannya tim penyidik mengamankan sejumlah uang dalam bentuk mata uang asing, tetapi ia tidak membeberkan nominal uang yang disita. Selain itu, tiga unit mobil juga disita dari penggeledahan tersebut.

“Turut diamankan pula sejumlah uang dalam bentuk mata uang asing dan tiga unit kendaraan roda empat,” tutur Ali.

BACA JUGA:

Sementara itu, dokumen yang disita adalah dokumen yang diduga berkaitan dengan pemotongan dana insentif.

“Dari kegiatan ini, ditemukan serta diamankan bukti-bukti antara lain berupa berbagai dokumen dugaan pemotongan dana insentif, barang elektronik,” kata dia.

Seluruh barang bukti yang disita akan dianalisis lebih lanjut. 

“Keterkaitan bukti awal ini untuk lebih dulu disita dan dianalisis serta nantinya dikonfirmasi pada para pihak yang segera akan dipanggil sebagai saksi,” ujar Ali.

Hormati Langkah KPK

Dikonfirmasi usai upacara, Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Sidoarjo, mengatakan dirinya menghormati semua proses yang dijalankan KPK.

"Pemerintah Kabupaten (Sidoarjo, red) menghormati jalannya proses penegakan hukum yang ada," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: