Sri Sultan HB X Tanggapi Ade Armando yang Sebut Yogyakarta Daerah Dinasti Politik

Sri Sultan HB X Tanggapi Ade Armando yang Sebut Yogyakarta Daerah Dinasti Politik

Sri Sultan Hamengku Buwono X--instagram

FIN.CO.ID- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menanggapi pernyataan kader PSI Ade Armando yang menilai Yogyakarta sebagai daerah yang menerapkan politik dinasti. 

Sri Sultan mengatakan, setiap orang bisa berpendatap. Namun, dia mengingatkan bahwa kesultanan Yogyakarta merupakan amanat Undan-Undang Dasar (UUD) 1945 

"Komentar boleh, komentar kok nggak boleh. Boleh saja," kata Sultan, di kantornya, Senin 4 Desember 2023.

Dia mengatakan, kesultanan Yogyakarta telah tercantum dalam Pasal 18 UUD 1945 tentang Pemerintah Daerah Provinsi. Ia pun menegaskan bahwa pemerintahan di DIY hanya menjalankan beleid tersebut.

BACA JUGA:


Lukisan Keratoon Yogyakarta-instagram-dok Keraton Yogyakarta

"Sehingga bunyi UU Keistimewaan itu juga mengamanatkan Gubernur Sultan dan Wakil Gubernur Pakualam," kata Sulta.

Pasal 18B ayat 1 UUD 1945 yang dimaksud Sultan tertuang dalam BAB VI tentang Pemerintahan Daerah yang berbunyi 'Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan undang-undang'.

Sri Sultan mengatakan, terserah orang beranggapan, dirinya hanya menjalankan amant UUD yang  mana negara mengakui kesitimewaan Daerah Yogyakarta.

"Dinasti atau tidak terserah dari sisi mana masyarakat melihatnya. Yang penting bagi kita di DIY itu daerah istimewa, diakui keistimewaanya dari asal-usulnya dan menghargai sejarah itu. Itu aja, bunyi UU Keistimewaannya itu," ujar Sultan.

Menurut Sultan, dalam UUD 1945 maupun Undang-Undang Keistimewaan yang mengatur pemerintahan di DIY tidak tertera kalimat dinasti.

"Kalimat dinasti atau nggak di situ juga nggak ada, yang penting kita bagian dari Republik dan melaksanakan keputusan UU yang ada. Kalau dianggap dinasti ya diubah aja UUD," pungkasnya.

BACA JUGA:


Dosen Komunikasi Fisip UI Ade Armando.-Screenshot YouTube/CokroTV-

Komentar Ade Armando:

Diberitakan fin sebelumnya, Ade Armando merespon aksi Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) UI dan UGM yang mengkritik politik dinasti jelang Pilpres 2024. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: