Prabowo Lepas Keberangkatan Kapal RS TNI KRI Radjiman untuk Kirim Bantuan ke Palestina

Prabowo Lepas Keberangkatan Kapal RS TNI KRI Radjiman untuk Kirim Bantuan ke Palestina

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk mengirim bantuan ke Palestina via Mesir--

FIN.CO.ID - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan kapal rumah sakit TNI KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk mengirim bantuan ke Palestina via Mesir.

Prabowo menyampaikan kepada seluruh personel yang bertugas agar tetap menjaga kekompakkan, dan terus waspada selama perjalanan karena akan melewati kawasan laut yang saat ini dilanda konflik.

“Hari ini atas nama pemerintah dan juga saya menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia Presiden Joko Widodo. Atas nama pemerintah saya ucapkan, selamat bertugas,” kata Prabowo di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023).

Bantuan ini, lanjut Prabowo, dikirim untuk membantu Palestina yang sedang mengalami serangan bertubi-tubi di luar batas kemanusiaan, tanpa memperhatikan hukum-hukum internasional.

“Kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Untuk itu saudara harus waspada saudara harus kompak. Saya yakin dan percaya komandan Satgas dan komandan kapal akan memimpin saudara-saudara dengan sebaik-baiknya,” kata Prabowo.

Berdasarkan data yang diterima, sebanyak 214 prajurit akan melaksanakan Satgas Muhibah/Port Visit Ke Mesir 2024 selama kurang lebih 52 hari.

Tujuan pemberangkatan Satgas ini adalah untuk mengirimkan 240 ton bantuan kemanusiaan bagi rakyat yang terdampak akibat konflik yang terjadi di wilayah Gaza, Palestina.

Usai memberikan amanat, Prabowo kemudian menyalami para personel yang akan bertugas.

Prabowo Kirim Kapal RS: Kita Terus Kerahkan Apa yang Kita Bisa untuk Dukung Palestina

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 untuk menjalankan misi kemanusiaan dengan membawa bantuan untuk rakyat Palestina, bertempat di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (18/1).

Kepada para prajurit TNI AL yang mengemban misi ini, Prabowo berpesan agar mereka senantiasa menjaga kehormatan bangsa, TNI, dan TNI AL. “Selamat bertugas. Ingat, saudara mewakili seluruh bangsa Indonesia. Jaga kehormatan bangsa Indonesia, jaga kehormatan TNI, jaga kehormatan TNI Angkatan Laut yang kita banggakan dan dibanggakan serta dicintai seluruh rakyat Indonesia,” kata dia.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 akan menempuh perjalanan selama 15 hari dan harus melewati kawasan laut yang cukup berbahaya, yaitu sekitar Teluk Aden.

Kendati demikian, Prabowo meyakini jika para prajurit TNI AL akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik lantaran mereka merupakan prajurit yang terlatih dan andal.

“Saudara-saudara akan melewati kawasan laut yang berbahaya yang saat ini sedang berkecamuk perang. Kita adalah negara yang tidak terlibat dalam perang, tetapi kita memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan saudara-saudara kita yang ada di Palestina. Saya percaya, tingkat latihan saudara, disiplin saudara, semangat saudara, yang akan membawa saudara menyelesaikan tugas ini dengan berhasil,” tegasnya.

Prabowo berdoa agar seluruh kru KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat 992 selalu mendapat perlindungan dalam menjalankan tugas ini lantaran langkah ini merupakan bukti konkret Indonesia yang selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sahroni

Tentang Penulis

Sumber: