7 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan, Atasi Diabetes Hingga Asam Urat

7 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan, Atasi Diabetes Hingga Asam Urat

Ilustrasi manfaat kayu secang untuk kesehatan--alodokter

BACA JUGA:

4. Mengatasi organ hati

Kayu secang dapat menjaga kesehatan organ hati. Ekstak air kayu juga memperlihatkan efek perbaikan sel hati.

Namun penggunaan kayu secang sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil dan pasien yang mengkonsumsi obat yang dapat menghambat pembekuan darah.

5. Mengatasi Infeksi Kulit

Manfaat secang untuk kulit dapat membantu mengatasi infeksi kulit karena telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan beberapa bakteri, termasuk bakteri Staphylococcus aereus penyebab masalah kesehatan tersebut.  

Infeksi bakteri Staphylococcus aereus pada kulit bisa menyebabkan masalah seperti bisul, selulitis, hingga Staphylococcus scalded skin syundrome (SSSS).

Tanda infeksi bakteri ini pada kulit biasanya berupa muncul kemerahan, bengkak, nyeri, termasuk nanah. Lebih jauh, bakteri Staphylococcus aereus dapat pula menimbulkan sepsis dan penyakit osteomyelitis.

6. Tingkatkan imunitas

Kayu secang bisa membantu meningkatkan imunitas, obatan ini mengandung senyawa flavonoid dan fenolis yang bersifat antioksidan.

Salah satu manfaat dari senyawa antioksidan yaitu mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan dan menghambat pembentukan radikal bebas. 

7. Obati kanker

Manfaat kayu secang dapat mengobat penyakit kanker dan tumor, obatan ini mengandung n-butanol, metanol, dan klorofom yang memiliki sifat antikanker.

Kandungan senyawa-senyawa tersebut bisa menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor di dalam tubuh.

Demikian manfaat kayu secang bagi tubuh semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: