6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal: Mulai dari Sekarang agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal: Mulai dari Sekarang agar Tidak Menyesal di Kemudian Hari

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Image Geralt / Pixabay--

FIN.CO.ID - Ginjal adalah salah satu organ vital yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, serta mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dari tubuh. 

Ginjal juga berpengaruh pada fungsi jantung, pembuluh darah, tulang, dan sistem kekebalan tubuh. 

Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan ginjalnya, karena gejala-gejala gangguan ginjal seringkali tidak spesifik dan baru terasa ketika kondisi sudah parah. 

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal antara lain adalah diabetes, hipertensi, obesitas, infeksi, batu ginjal, dan penyakit autoimun.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal


Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Image oleh Olya Adamovich dari Pixabay--

Untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal #1

Konsumsi makanan sehat dengan perbanyak makan buah sayur dan biji-bijian

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Makanan sehat dapat membantu menjaga berat badan ideal, mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah peradangan. Buah, sayur, dan biji-bijian adalah sumber makanan sehat yang kaya akan antioksidan, serat, dan fitokimia, yang dapat melindungi ginjal dari stres oksidatif, radikal bebas, dan inflamasi. Beberapa contoh makanan sehat yang baik untuk ginjal adalah apel, pisang, anggur, bayam, brokoli, kubis, bawang putih, jahe, kunyit, kacang-kacangan, dan gandum.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal #2

Hindari makanan terlalu asin dan tinggi lemak

Makanan terlalu asin dan tinggi lemak dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan salah satu penyebab utama kerusakan ginjal. Makanan terlalu asin dapat menyebabkan retensi cairan dan edema, yang dapat membebani ginjal. Makanan tinggi lemak dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah, yang dapat mengganggu aliran darah ke ginjal. Beberapa contoh makanan yang harus dihindari atau dibatasi adalah garam, kecap, saus, makanan olahan, makanan cepat saji, gorengan, daging berlemak, mentega, keju, dan krim.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal #3

Cukupi kebutuhan air setidaknya konsumsi air putih minimal 2 liter sehari

Air adalah pelarut alami yang dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan zat-zat sisa dan racun dari tubuh. Air juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, serta mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal, peningkatan konsentrasi zat-zat sisa, dan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, sangat penting untuk minum air putih yang cukup setiap hari, setidaknya 2 liter atau 8 gelas. Jumlah kebutuhan air dapat berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor seperti usia, aktivitas fisik, kondisi kesehatan, dan iklim. Untuk mengetahui apakah Anda sudah minum air yang cukup, Anda dapat memeriksa warna urine Anda. Urine yang sehat berwarna kuning muda atau bening, sedangkan urine yang pekat berwarna kuning gelap atau coklat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal #4

Hindari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Makruf

Tentang Penulis

Sumber: