Status Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT Naik Jadi Awas, Warga Dievakuasi

Status Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT Naik Jadi Awas, Warga Dievakuasi

Status Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT Naik Jadi Awas, Warga Dievakuasi--Dok ANTARA

FIN.CO.ID- Status gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) naik dari III atau Siaga menjadi level IV atau Awas pada Selasa malam 9 Januari 2024.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga setempat di Desa Dulipali Kecamatan Ile Bura, agar segera mengosongkan tempat. 

"Untuk saat ini satu desa sektoral barat laut-utara itu harus dikosongkan. Dari peta KRB itu Desa Dulipali," kata Ketua Pos Pengamatan Gunung api Lewotobi Laki-laki, Herman Yosep di Wulanggitang, Flores Timur, Rabu dini hari 10 Januari 2024.

BACA JUGA:

PVMBG menyatakan kenaikan status gunung sejak Selasa pukul 23.00 WITA.

Secara visual selama 1-9 Januari 2024 adanya aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki yang menunjukkan peningkatan tinggi kolom erupsi maksimum 1.500 meter dari pusat erupsi yang berada pada area sebelah barat laut-utara kawah. 

Selain itu teramati sinar api dan lontaran material pijar di bagian puncak dan aliran lava di bagian rekahan berarah barat laut-utara dari puncak.

Kemudian tremor menerus mengalami peningkatan amplitudo yang menunjukkan terjadinya peningkatan energi erupsi.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi serta sektoral lima kilometer pada arah barat laut-utara.

BACA JUGA:

Dalam pemetaan yang dilakukan oleh Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara, Desa Dulipali merupakan salah satu desa dengan jalur aliran lava.

"Kita patok di lima kilometer ini karena ada aliran arah ke sana," ucapnya.

Warga Dievakuasi

Pada Selasa malam, Tim SAR Gabungan Pos SAR Bencana Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT),

mengevakuasi 11 warga Desa Dulipali yang masih bertahan setelah kenaikan status gunung menjadi Level IV atau Awas.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: