Ini Kerja Konkret Prabowo Sebagai Menhan, Serahkan 42 Unit Pesawat Tempur Hingga 8 Helikopter H225M

Ini Kerja Konkret Prabowo Sebagai Menhan, Serahkan 42 Unit Pesawat Tempur Hingga 8 Helikopter H225M

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat penyerahan Helikopter H225M untuk angkatan udara-@prabowo-instagram

Ia berusaha mencari peralatan dan pemeliharaan yang berkualitas guna memastikan Angkatan Udara memiliki kehandalan, keunggulan, ketangguhan, dan kekuatan yang dibutuhkan.

"Saya beserta seluruh jajaran akan berjuang keras untuk memperbaiki kondisi alutsista dan pelayanan yang saudara butuhkan. Mencari peralatan dan pemeliharaan yang baik, agar memiliki Angkatan Udara yang handal, unggul, tangguh dan kuat," kata Menhan Prabowo dalam keterangannya pada Desembet 2023.

H225M dikenal sebagai helikopter yang aman, handal, kuat, dan dapat digunakan dalam berbagai jenis misi, seperti operasi khusus, pencarian dan penyelamatan (SAR), evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara. 

Helikopter ini dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih, termasuk desain modular, penggunaan material komposit, avionik tingkat lanjut seperti LCD Multi-Functions Displays, Vehicle Monitoring System, dan Automatic Flight Control System.

H225M juga dilengkapi dengan pembangkit listrik Turbomeca MAKILA 2A1 generasi baru yang memberikan kinerja tinggi dan tingkat keamanan maksimal. 

Selain itu, Full Flight Simulator (FFS) H225M yang dibangun di Lanud ATS merupakan Flight Simulator Training Device dengan level tertinggi dan satu-satunya di Asia Tenggara yang memiliki kualifikasi berdasarkan regulasi FAA (14 CFR Part 60).

Selain mendukung produk luar negeri, Menhan Prabowo juga bertekad untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dalam mendukung pertahanan negara. 

Ia mendorong percepatan pembangunan industri pertahanan dalam negeri dengan mempromosikan pengadaan alutsista TNI yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan pertahanan dalam negeri, seperti PTDI, PT PAL, PT Pindad, PT Dahana, dan PT LEN.

Upaya untuk mewujudkan industri Pertahanan Nasional yang kuat, mandiri, dan kompetitif telah membuahkan hasil, di mana Kementerian Pertahanan berhasil meraih peringkat kedua dalam pengeluaran untuk Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) pada tingkat nasional pada bulan Juni 2023. 

Hal ini menjadikan Kementerian Pertahanan sebagai salah satu satuan kerja dengan pagu tertinggi dalam pembelanjaan produk dalam negeri. Dan menjadi bukti kerja konkret Menhan Prabowo Subianto untuk menjaga kedaulatan NKRI.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: