Amerika Tembak Jatuh Drone Milik Houthi Yaman di Laut Merah

Amerika Tembak Jatuh Drone Milik Houthi Yaman di Laut Merah

Misil penghancur milik Houthi menyerang salah satu kapal kargo di laut merah rute Israel beberapa waktu lalu. -Foto : Al-bawaba-

FIN.CO.ID- Militer angkatan laut Amerika Serikat (AS) menembak jatuh sebuah drone atau pesawat tanpa awak milik kelompok Houthi Yaman di Laut Merah pada Sabtu 6 Januari 2024.

Drone tersebut diduga sebagai mata-mata Houthi Yaman yang terus memantau pergerakan kapal-kapal Israel dan Amerika di perairan Laut Merah. Amerika menyebut, penembakan drone itu sebagai upaya mempertahankan diri dari serangan musu. 

"Pada 6 Januari, sekitar pukul 9.30 (waktu Sanaa; atau 13.30 WIB), kendaraan udara tak berawak dari daerah Yaman yang dikuasai Houthi yang didukung Iran ditembak jatuh sebagai pertahanan diri USS LABOON (DDG 59) di perairan internasional Laut Merah Selatan di sekitar kapal komersial," tulis Komando Pusat AS (CENTCOM) di X.

BACA JUGA:

Namu  begitu, tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan dalama penembakan tersebut. 

Houthi telah menargetkan kapal di Laut Merah Selatan, sejak perang Israel-Hamas berlangsung. 

Mereka akan akan menyerang semua kapal yang menuju Israel. Mereka mengatakan bahwa serangan tersebut adalah untuk mendukung warga Palestina di tengah agresi dan pengepungan yang dilakukan Israel di Gaza.

Laut Merah adalah salah satu jalur laut paling sering digunakan di dunia untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin baru-baru ini mengumumkan pembentukan misi multinasional - Operation Prosperity Guardian (Operasi Penjaga Kemakmuran) - untuk melawan serangan Houthi.

BACA JUGA:

Pada 31 Desember 2023 lalu, sebanyak 10 tentara Houthi Yaman tewas di Laut Merah setelah kapalnya diserang oleh  Pangkalan Laut Amerika Serikat di Laut Merah. 

Serangan itu terjadi ketika.Houthi  mencoba untuk membajak sebuah kapal komersil di perairan Interansional pada Minggu 31 Desember 2023. 

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan pasukan AS menyerang tiga kapal milik militer Houthi.

"Para pemberontak melakukan tugas kemanusiaan dan moral mereka untuk mencegah kapal-kapal yang berhubungan dengan Israel melewati Laut Merah, sebagai solidaritas dan dukungan bagi rakyat Palestina," ujar Yahya Sarea dalam sebuah pernyataan yang disiarkan langsung oleh TV al-Masirah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: