Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Secara Besar-Besaran, Menpan RB Gerak Cepat Bahas Detail Teknis Rekrutmen

Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Secara Besar-Besaran, Menpan RB Gerak Cepat Bahas Detail Teknis Rekrutmen

CPNS 2024 segera dibuka. Simak formasi CPNS 2024 yang dibutuhkan --mempan.go.id

FIN.CO.ID- Tahun ini pemerintah membuka pendaftara CPNS dan PPPK secara besar-besaran. Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah butuh sebanya 2.300.000 formasi CPNS dan PPPK 2024.

Dari jumlah itu, sebagian besarnya dibutuhkan fresh graduate dan talenta-talenta muda di bidang IT. 

“Melalui kesempatan ini saya mengundang saudara-saudara talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen Calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” kata Presiden pada Jumat lalu. 

Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CPNS tahun 2024 sebanyak sekitar 690.000 orang yang tersebar antara lain di instansi pusat sebanyak 207.000 dan di instansi daerah 483.000.

BACA JUGA:

Pemerintah juga akan menyelesaikan penataan tenaga non-ASN berdasarkan database Badan Kepegawaian Negara (BKN), sebagaimana amanat UU Nomor 20 tahun 2023 tentang ASN, di mana tahun ini dilakukan rekrutmen sebanyak 1.600.000 formasi yang belum diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sehingga pada tahun ini pemerintah akan membuka rekrutmen Calon ASN sebanyak 2.300.000 formasi.

“Formasi-formasi tersebut akan dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) bergerak cepat untuk membahas detail teknis rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) 2024.

BACA JUGA:

"Kita harus jemput bola agar pelaksanaan seleksi CASN tahun ini berjalan lancar dan terus semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya. Pagi ini langsung rapat teknis untuk mendetailkan teknis rekrutmen," kata Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu 6 Januari 2024.

Anas menyampaikan pekan depan Kementerian PANRB akan mengadakan pertemuan dengan seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, termasuk para pengelola kepegawaian di seluruh Indonesia.

"Kami dorong agar instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi secara baik agar reformasi birokrasi berdampak bisa benar-benar terwujud secara optimal," jelasnya.

Selanjutnya, Kementerian PANRB juga akan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan terkait pembiayaan secara efisien dan efektif.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: