Pejabat Bank BJB Hingga PJ Wali Kota Bekasi akan Diperiksa Bawaslu, Imbas ASN Foto Kaos Nomor 2

Pejabat Bank BJB Hingga PJ Wali Kota Bekasi akan Diperiksa Bawaslu, Imbas ASN Foto Kaos Nomor 2

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Bekasi, Muhammad Sodikin-Tuahta Aldo-

BEKASI, FIN.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi, menerima laporan dugaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak netral jelang Pilpres 2024.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Bekasi, Muhammad Sodikin, membenarkan seluruh dokumen laporan telah lengkap diterima.

"Terkait kasus dugaan netralitas ASN, sudah masuk ke kita laporannya pada hari Selasa 2 Januari 2024. Kasus laporan dugaan netralitas ASN nomor 015, secara syarat formil dan materil telah terpenuhi," ungkap Muhammad Sodikin saat ditemui, Kamis 4 Januari 2023.

Menurutnya, sebanyak 13 orang dilaporkan ke Bawaslu Kota Bekasi, termasuk sponsor Bank Jawa Barat dan Penjabat Wali Kota Bekasi, Gani Muhammad.

 BACA JUGA :

"Dalam laporan 015, ada 13 terlapor. dari 13 itu ada PJ, ada Bank Jawa Barat sebagai penyelenggara dan ada 10 camat, cuman nanti kita klarifikasi dulu pelapornya, ini masih tahap proses penyelidikan, proses klarifikasi," jelasnya.

Rencananya, Bawaslu Kota Bekasi akan mendahulukan ASN yang berfoto sambil memamerkan kaos dengan menunjukan nomor punggung 2.

"Karena gambar yang beredar tidak semua di foto itu memegang kaos nomor 2, maka nanti proses penyelidikan klarifikasi ini, kemungkinan selain pelapor dan terlapor nanti kita fokuskan untuk minta keterangan yang memegang Jersey nomor 2 dulu," kata Muhammad Sodikin.

Apabila tidak hadir saat pemanggilan, Bawaslu akan memanggil paksa ASN Pemkot Bekasi untuk dilakukan pemeriksaan terkait laporan tersebut.

"Kita kan bisa panggil paksa, kalau 3 hari tidak kooperatif kita bisa panggil," ucapnya.

BACA JUGA :

Sebelumnya viral di Media Sosial, sejumlah ASN lingkungan Pemkot Bekasi berfoto di lapangan sambil memamerkan kaos olahraga bernomor punggung 2.

Dalam foto yang fin.co.id terima, sebanyak 5 ASN Pemkot Bekasi yang membentangkan kaos olahraga bernomor punggung 2 ke kamera.

Ada pula beberapa ASN yang berfoto, sambil memamerkan kaos bagian depan yang bertuliskan sponsor acara pertandingan Bank Jawa Barat.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: