Harga Bahan Pokok Terus Naik, Ketua DPR: Jadi Tekanan Sosial Masyarakat

Harga Bahan Pokok Terus Naik, Ketua DPR: Jadi Tekanan Sosial Masyarakat

bahan pokok-Issak Ramdhani-fin.co.id

FIN.CO.ID - Harga bahan pokok terus meningkat signifikan pada libur akhir tahun 2023. 

Ketua DPR Puan Maharani menyayangkan harga kebutuhan pokok yang terus meningkat dan membuat masyarakat kelas menengah bawah makin mengalami tekanan ekonomi. 

Dia pun  meminta Pemerintah segera mengendalikan harga bahan pokok yang naik khususnya menjelang Tahun Baru 2024.

"Dampak kenaikan harga Natal dan Tahun Baru memang menjadi tantangan yang harus disikapi segera oleh Pemerintah. Sebab, jika dibiarkan, tren ini dapat berdampak serius pada daya beli masyarakat, terutama bagi kelompok ekonomi menengah ke bawah," katanya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 26 Desember 2023.

Menurut Puan, ketidakseimbangan kenaikan harga dapat menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, karena menyangkut kebutuhan hidup sehari-hari.

Sejumlah bahan pangan yang mengalami kenaikan, di antaranya, beras, cabai, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, hingga daging ayam.

BACA JUGA:

Puan mendorong Pemerintah menekan angka kenaikan harga bahan pokok agar tidak memberatkan masyarakat.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan Pemerintah adalah memastikan ketersediaan dan distribusi bahan pokok secara merata di seluruh wilayah.

"Pemerintah, sebagai regulator ekonomi, diharapkan segera mengambil langkah-langkah tegas untuk mengendalikan kenaikan harga tersebut," tegas Puan.

Kemudian, lanjutnya, Pemerintah juga harus memasifkan penyelenggaraan operasi pasar demi mengendalikan kenaikan harga bahan pokok

Selain itu, Puan mengatakan pemantauan harga secara ketat dapat mengatasi spekulasi dan penimbunan bahan pokok oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kenaikan harga bahan pokok tidak hanya berdampak pada tingkat konsumsi, tetapi juga dapat menciptakan tekanan sosial," tegasnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: