Kiat Berlibur Akhir Tahun Anti Boncos

Kiat Berlibur Akhir Tahun Anti Boncos

Ilustrasi seseorang berlibur -ANTARA/Pexels/Oleksandr P-

fin.co.id - Sebagian orang memilih berlibur saat mendekati akhir tahun, bersama orang terdekat. Namun, kadang kegembiraan ini seringkali diikuti oleh penyesalan finansial karena kurangnya perencanaan keuangan yang baik.

Ini bisa terjadi karena kurangnya perencanaan dapat mengakibatkan pengeluaran berlebihan atau bahkan menguras tabungan sepanjang tahun. Selain itu, perilaku impulsif selama liburan juga dapat berdampak negatif pada kondisi keuangan pribadi.

Jadi, agar jangan sampai liburan akhir tahun menjadi pemicu keuangan terganggu di tahun selanjutnya, berikut beberapa kiat berlibur anti boncos seperti dijabarkan dalam keterangan tertulis Manulife Indonesia, Jumat.

1. Pelajari destinasi yang dikunjungi

Langkah pertama yang dirasa penting dalam merencanakan liburan adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Sebelumnya, lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton tinjauan, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dipilih.

Sebaiknya hindari godaan untuk menghabiskan lebih dari kemampuan dengan mempertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis.

BACA JUGA:'Jingle Mingle Holiday' di Swiss-Belhotel Pondok Indah

Sebagai contoh, jika seseorang menyadari bahwa keadaan keuangannya tidak memungkinkan untuk pergi ke luar negeri, maka jangan tergoda untuk menggunakan metode pembayaran seperti paylater atau cicilan.

Pilihlah destinasi liburan dengan bijak dan sesuai dengan dana yang dimiliki. Seseorang juga dapat mempertimbangkan opsi destinasi yang belum banyak dijelajahi, atau yang sekarang sering dikenal juga sebagai hidden gem.

Kiat ini bisa menyelamatkan seseorang dari liburan di luar anggaran karena biasanya biaya yang diperlukan tidak terlalu tinggi namun kamu tetap bisa menikmati pengalaman baru yang unik.

2. Membuat rencana anggaran yang rinci

Setelah menetapkan destinasi, langkah selanjutnya adalah membuat rencana anggaran yang terperinci. Buatlah rincian setiap kebutuhan, mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh.

Dengan demikian seseorang dapat memiliki gambaran jelas tentang jumlah uang yang diperlukan selama liburan. Jangan lupa menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

BACA JUGA:Rekayasa Lalu Lintas Buka Tutup dan Jadwal Contra Flow Libur Nataru 2024

Salah satu format rencana anggaran yang mudah adalah membagi pengeluaran berdasarkan tanggal pergi. Dari setiap harinya, tuliskan aktivitas yang akan dilakukan dan selalu catat pengeluaran berdasarkan kategori.

Setelah membuat ini menjadi suatu tabel, isi masing-masing kategori dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: