Polda Metro Jaya Ancam Jemput Paksa Ketua KPK Nonaktif Firli Bahuri

Polda Metro Jaya Ancam Jemput Paksa Ketua KPK Nonaktif Firli Bahuri

Firli Bahuri di Bareskrim Polri-Laily Rahmawaty-ANTARA

FIN.CO.ID - Polda Metro Jaya mengancam melakukan jemput paksa terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Firli Bahuri.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengatakan jemput paksa terhadap Firli Bahuri dilakukan jika yang bersangkutan berkali-kali tak menghadiri pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Firli bisa dijemput paksa jika kembali mangkir untuk kedua kalinya dalam pemeriksaan," katanya di Jakarta, Kamis, 21 Desember 2023.

Hal tersebut diungkapkan Karyoto terkait Firli Bahuri tak memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai tersangka oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Saya tanya dulu ke Direskrimsus langkah selanjutnya bagaimana," katanya.

Karyoto juga menambahkan surat pencekalan terhadap Firli telah diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

 BACA JUGA:

"Sudah (terbit) lama itu udah beberapa minggu yang lalu," katanya.

Karyoto juga tidak menanggapi soal gugatan praperadilan Firli Bahuri yang ditolak oleh PN Jakarta Selatan.

"Ya nggak perlu ditanggapi orang udah diputus begitu mau diapain, dari awal saya selalu hati-hati, saya ingatkan kepada penyidik berlaku profesional, bukan karena intervensi dari saya, mereka sudah ada sistem, " katanya.

Sebelumnya Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengagendakan kembali pemeriksaan terhadap Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada Kamis (21/12).

"Besok jadwal pemeriksaan," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

BACA JUGA:

Namun Firli Bahuri tidak menghadiri pemeriksaan tersebut, hal itu disampaikan oleh pengacara Firli Bahuri, Ian Iskandar.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: