Jelang Debat Cawapres, Gibran 'Belajar' Baca Dokumen Sesuai Topik

Jelang Debat Cawapres, Gibran 'Belajar' Baca Dokumen Sesuai Topik

Sejumlah relawan mengacungkan dua jari saat Konsolidasi TKD Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/11/2023). -Antara/M Agung Rajasa-

fin.co.id - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, menyebut bahwa calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka membaca dokumen yang sesuai topik untuk persiapan debat kedua KPU RI pada Jumat 22 Desember 2023.

"Persiapan khusus bagi cawapres pasti ada. Saya yakin semua pasangan calon kalau mau debat pasti ada persiapan khusus. Salah satu persiapan khususnya adalah yang pasti dengan membaca dokumen sesuai dengan topik,” kata Nusron dilansir dari Antara, Rabu 20 desember 2023.

Menurut Nusron, Gibran telah akrab dengan isu yang akan diperdebatkan nantinya.

Adapun tema debat dimaksud adalah ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, serta perkotaan.

BACA JUGA:Cak Imin Sebut Warga Bekasi Dompetnya Kempis, Ketua PSI: Jangan Asbun

"Saya kira bukan isu yang susah dan isu yang spesifik bagi seorang wali kota, karena setiap wali kota pasti berbicara tentang masalah ekonomi, pasti bicara masalah investasi, bicara masalah sektor keuangan, bicara masalah perdagangan, juga bicara masalah infrastruktur, masalah APBD," ujarnya.

Nusron mengklaim tema debat itu sudah menjadi keseharian Gibran.

"Saya kira ini isu yang sudah common (umum) bagi seorang pejabat negara, apalagi seorang wali kota, sehingga sebetulnya ini adalah hal-hal yang sudah langsung keseharian sudah menjadi pekerjaan dari calon wakil presiden kita, yaitu Mas Gibran," ucapnya.

Sebelumnya, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud Md mengaku tidak melakukan persiapan khusus menjelang debat perdana calon wakil presiden (cawapres) Pemilu 2024 pada Jumat 22 Desember.

Mahfud berpendapat debat cawapres perdana tersebut akan lebih banyak dipengaruhi oleh pengetahuan yang telah dimiliki dan dikuasai oleh masing-masing kandidat.

“Debat itu adalah apa yang ada sekarang, yang dimiliki lalu diperdebatkan, menguasai atau tidak gitu saja. Kalau persiapan khusus dengan bidang yang begitu luas tidak perlu,” ujar Mahfud Md, Rabu 20 Desember 2023. 

Menurut Mahfud, debat pada Jumat malam di Balai Sidang Jakarta (JCC) itu hanya menguji penguasaan masing-masing kontestan terhadap pengetahuan maupun pengalaman yang sudah dijalani sejauh ini.

Selain itu, Mahfud mengatakan dirinya masih sibuk bekerja sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) sehingga dirinya memiliki waktu terbatas untuk membaca berbagai usulan bahan bacaan dari tim ahli.

BACA JUGA:JK Dukung Anies-Muhaimin, TPN Ganjar-Mahfud: Tak Perlu Dikhawatirkan

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: