Gempa Bumi Tiongkok 6,2 Skala Richter, 127 Orang Tewas

Gempa Bumi Tiongkok 6,2 Skala Richter, 127 Orang Tewas

Ilustrasi bangun runtuh akibat gempa--File Anadolu

FIN.CO.ID- Gempa bumi dangkal berkekuatan 6,2 skala Richter mengguncang Tiongkok pada Selasa malam 19 Desember 2023 Gempa tersebut berpusat di perbatasan provinsi Gansu dan Qinghai di wilayah pegunungan terpencil.  

Gempa tersebut terjadi pada hari Senin pukul 23:59 malam (15:59 GMT) di provinsi Gansu dekat perbatasan dengan Qinghai dan menyebabkan kerusakan besar. 

Dilansir daei Al Jazeera, gempa itu menyebabkan 127 orang tewas dan ratusan lainnya terluka. 

Gempa tersebut merupakan yang paling mematikan yang pernah dialami Tiongkok dalam sembilan tahun terakhir.

Presiden Tiongkok Xi Jinping pada hari Selasa menyerukan upaya sekuat tenaga dalam operasi pencarian korban dan bantuan.  

BACA JUGA:

Hampir 1.500 petugas pemadam kebakaran dikerahkan dan 1.500 lainnya bersiaga, menurut media pemerintah.  Sementara lebih dari 300 perwira dan tentara juga dikerahkan untuk bantuan bencana.

Upaya penyelamatan juga menantang, sebab gempa bumi tersebut merusak jalan dan infrastruktur, memicu tanah longsor, dan sebagian mengubur desa dalam lumpur.  

Belum lagi suhu Tiongkok di bawah nol derajat setelah gelombang dingin melanda. 

 “Daerah pegunungan, terpencil, dan gersang tidak mudah untuk dijangkau, dan daerah tersebut lebih terbelakang dan miskin dibandingkan daerah lain di Tiongkok dan hal itu tercermin dalam kualitas konstruksinya,” kata Katrina Yu dari Al Jazeera yang melaporkan dari Beijing. 

Al Jazeera menyebut  bahwa pemerintah Tiongkok mencatat bahwa   sekitar 4.000 rumah telah hancur dan beberapa desa runtuh seluruhnya.

Perencana negara Tiongkok mengatakan telah mengalokasikan 250 juta yuan ($35 juta) untuk membantu provinsi Gansu dan Qinghai. 

BACA JUGA:

“Saya berusia 70 tahun dan saya belum pernah mengalami gempa sekuat ini dalam hidup saya,” kata Ma Wenchang, seorang warga Dahejia, kepada kantor berita AFP.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: