Dampak Gempa Bogor Magnitudo 4,6, BPBD: 61 Rumah Warga Rusak

Dampak Gempa Bogor Magnitudo 4,6, BPBD: 61 Rumah Warga Rusak

Kolase rumah warga yang rusak akibat gempa magnitudo 4,6 di Bogor--Twitter @daryonobmkg

FIN.CO.ID - Gempa magnitudo 4,6 yang mengguncang Kabuptaen Bogor, Jawa Barat mengakibatkan puluhan bangunan mengalami kerusakan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat untuk sementara sebanyak 61 rumah mengalami kerusakan.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam mengatakan sebanyak 61 rumah yang mengalami kerusakan didominasi terjadi di Kabupaten Bogor.

"Sampai saat ini kaji cepat yang kami lakukan terdapat 61 rumah terdampak di 4 kecamatan, dan 7 desa," katanya dalam konferensi pers yang digelar BMKG, Kamis, 14 Desember 2023.

Dikatakannya pihaknya akan mengupdate kembali dampak kerusakan akibat gempa tersebut.

BACA JUGA:

"Untuk jenis kerusakannya akan diinformasikan kembali karena petugas kami saat ini sedang melakukan kaji cepat, Dinas Perumahan juga sedang turun melakukan kaji detailnya," kata Adam.

Gempa Terjadi Pagi Hari

Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,6 magnitudo mengguncang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya pada Kamis pagi 14 Desember 2023 pukul 06.35 WIB. 

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa pusat gempa terletak pada koordinat 6.76 LS dan 106.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 kilometer Barat Laut Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 5 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartono menerangkan dengan memperhatikan lokasi pusat gempa dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

BACA JUGA:

Kemudian, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pamijahan, Kabupaten Bogor dengan skala Intensitas III - IV MMI.

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu dan dinding berbunyi.

Di Panggarangan, Bayah, Kalapanunggal, Cilograng, Kabupaten Bogor dengan skala Intensitas III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: