Pendaftaran Mudik Gratis Natal-Tahun Baru Kemenhub Telah Dibuka, Cek Cara dan Kota Tujuan

Pendaftaran Mudik Gratis Natal-Tahun Baru Kemenhub Telah Dibuka, Cek Cara dan Kota Tujuan

Mudik gratis Natal dan Tahun Baru--

FIN.CO.ID - Pendaftaran mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah dibuka untuk masyarakat umum.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor untuk mengantisipasi meningkatnya pergerakan pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Untuk itu sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, maka kami akan menyelenggarakan mudik gratis di libur Nataru ini," kata Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto, Senin, 4 Desember 2023.

Ia menyampaikan, mudik gratis yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama libur Nataru dapat diakses secara daring (online) melalui aplikasi Mitra Darat mulai tanggal 5 – 20 Desember 2023.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub (Baketrans) prediksi masyarakat yang akan bepergian mencapai 107,63 juta atau 39,83 persen dari total populasi nasional.

Dari jumlah tersebut mayoritas akan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor.

BACA JUGA:

Dalam rapat rencana operasi Mudik Gratis Nataru, Suharto mengatakan bahwa hasil survei tersebut diperoleh angka bahwa 35,57 persen atau 39,97 juta pergerakan masyarakat akan menggunakan mobil dan 17,92 persen atau 20,14 juta mengendarai sepeda motor.

Pada rencana penyelenggaraan Mudik Gratis Nataru ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan kuota 90 unit bus AKAP dan pariwisata dengan total 3.600 penumpang. Untuk kendaraan sepeda motor disiapkan untuk 120 unit dengan empat truk.

Cara Daftar Mudik Gratis Nataru 2023/2024 

Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub ini dilakukan secara online melalui aplikasi Mitra Darat. Berikut caranya:

1. Download aplikasi Mitra Darat di Play Store atau App Store

2. Pastikan menggunakan Mitra Darat versi terbaru di smartphone iOS: Mitra Darat v.2.3.1 dan Android: Mitra Darat v.1.1.8

3. Setelah diunduh di HP, buka aplikasi tersebut

4. Buat akun atau login ke Mitra Darat melalui email.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Gatot Wahyu

Tentang Penulis

Sumber: