Catatan Pelaksanaan Mudik di Pelabuhan Merak-Ciwandan, Harus Dilaksanakan Mudik Gratis Sepeda Motor

Catatan Pelaksanaan Mudik di Pelabuhan Merak-Ciwandan, Harus Dilaksanakan Mudik Gratis Sepeda Motor

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten-ist-net

Catatan Pelaksanaan Mudik di Pelabuhan Merak-Ciwandan - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan sejumlah catatan dari pelaksanaan arus mudik di Merak-Ciwandan dan Bakauheni yang sudah berlangsung hingga hari ini.

Diketahui, Menhub bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Yudo Margono meninjau pelaksanaan arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Kamis (20/4) atau H-2 jelang Lebaran.

“Untuk arus mudik, Merak secara umum lebih padat dari Bakauheni. Tetapi dari pantauan udara bersama Kapolri, hari ini pergerakan kendaraan relatif landai,” katanya.

Budi Karya menjelaskan, salah satu catatan yang perlu diperhatikan ke depannya adalah terkait pengendalian volume kendaraan dengan kapasitas yang mampu ditampung atau V/C Ratio agar tetap di bawah angka 1 yang artinya masih lancar.

BACA JUGA:Kemenag: Hasil Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1444 H Harus Disambut Positif

“Kalau V/C Ratio sudah 0,8 itu artinya sudah warning. Dalam dua hari terakhir ini di Pelabuhan Merak sudah mencapai 0,85, padahal hari sebelumnya masih antara 0,5 dan 0,6,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, Menhub meminta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk memberikan peringatan dini agar V/C Ratio bisa tetap terkendali.

“Keberhasilan mengendalikan kepadatan kendaraan di Tol Cipali karena ada early warning campaign dan traffic counting relatif cepat sehingga Korlantas bisa segera mengambil keputusan,” katanya.

Ia menyebut, jika Pelabuhan Merak sudah terlalu padat, maka untuk kendaraan mobil dan bus bisa dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan dan BBJ atau sebaliknya.

BACA JUGA:Info Mudik Terkini, Jalur Nagreg Bandung Padat Merayap, Total 129 Ribu Kendaraan Melintas

Kemudian, tempat pengendapan atau delaying system di titik-titik rest area juga perlu dimaksimalkan.

Menhub mengungkapkan, telah mendapatkan masukan dari para pemerhati transportasi yang menyarankan, untuk tahun depan dapat diselenggarakan mudik gratis sepeda motor untuk ke Sumatera, karena jumlah yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera sangat banyak.

Catatan Menhub selanjutnya yaitu untuk lebih mengantisipasi kepadatan angkutan barang yang sempat terjadi di Pelabuhan Ciwandan beberapa waktu lalu.

Menurutnya, jika tidak diantisipasi lebih baik ke depannya akan terulang kembali, bahkan bisa lebih parah.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: