Gibran Salah Sebut Asam Sulfat, Apa Bahayanya Jika Diminum Ibu Hamil ?

Gibran Salah Sebut Asam Sulfat, Apa Bahayanya Jika Diminum Ibu Hamil ?

Ilustrasi ibu hamil--Klikdokter.com

FIN.CO.ID - Berikut ini akan mengulas bahayanya asam sulfat bagi ibu hamil yang salah sebut oleh Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Sejak Gibran Rakabuming salah sebut asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah stanting. Kini zat kimia tersebut menjadi ramai perbincangan di media sosial.

Hal tersebut, Gibran telah mengkoreksi dan salah menyebutkan pernyataannya bahwa sebenarnya yang ingin diucap adalah asam folat untuk ibu hamil.

Gibran meminta maaf atas pernyataannya dan meminta kepada media untuk mengoreksi kesalahannya tersebut.

BACA JUGA:

“Apa sih kemarin saya nyebutnya? Asam Sulfat ya. Mohon maaf, mohon dikoreksi,” ujar Gibran kepada wartawan.

Lantas seperti apakah asam sulfat dan seberapa bahaya zat kimia tersebut jika diminum oleh ibu hamil?

Asam Sulfat


Asam Sulfat--

Asam Sulfat (H2S04) merupakan substansi kimia yang mempunyai sifat korosif dan berbahaya untuk tubuh. Bahkan bisa berakbita fatal untuk manusia atau ibu hamil.

Dilansir dari alodokter.com pada Selasa, 5 Desember 2023. asam sulfat ditemukan pada aki mobil, sebagian produk deterjen, pupuk, dan pembersih kamar mandi.

Bila tercampur dengan air, asam sulfat bisa bereaksi dan menghasilkan panas. Bahan kimia ini bisa merusak layaknya asam klorida.

Jika terkena tubuh, asam sulfat ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Apabila tertelan bahan kimia ini bisa membakar mulut dan tenggorokan, merusak lambung, dan bahkan menyebabkan kematian.Jika asam sulfat terkena mata dapat menimbulkan kebutaan.

Dosen Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia, Dewi Tristantini juga pernah menyebutkan bahwa asam sulfat tidak hanya berbahaya dalam wujud liquidnya saja. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

Sumber: