Mengenal Apa Itu Asam Sulfat, Zat Kimia Berbahaya yang Disebut Gibran untuk Ibu Hamil

Mengenal Apa Itu Asam Sulfat, Zat Kimia Berbahaya yang Disebut Gibran untuk Ibu Hamil

Asam Sulfat--

FIN.CO.ID- Asam Sulfat mendadak jadi trending di platform X dan mesin pencarian raksasa, Google sejak Senin 4 Desember 2023.  Penyebabnya, sebuah pernyataan dari Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang menyebut ibu hamil harus rajin mengecek kadar Asam Sulfat di saat masa-masa kehamilannya. 

Asam sulfat adalah bahan kimia industri dengan volume taerbesar di dunia. Kegunaan utamanya adalah dalam produksi pupuk fosfat.

Zat digunakan untuk memproduksi bahan peledak, pewarna, lem, pengawet kayu, dan baterai mobil.

Selain itu, Asam Sulfat juga digunakan dalam pemurnian minyak bumi, pengawetan logam, peleburan tembaga, pelapisan listrik, pengerjaan logam, dan produksi rayon dan film. Pembuatan Aqi hingga deterjen sabun pencuci.

BACA JUGA:


Asam Sulfat--

Asam Sulfat mempunyai Nomor CASR: 7664-93-9. Rumus molek Asam Sulfat adalah H2SO4. Asam sulfat adalah cairan berminyak bening, tidak berwarna.

Asam sulfat sangat reaktif dan korosif. Ini larut dalam air dan etil alkohol. Reaktivitasnya yang kuat dapat menyulut bahan organik (kertas tipis, atau bahan mudah terbakar lainnya) jika tercampur.

Asam sulfat dapat menyebabkan luka bakar parah pada kulit dan mata. Ini dapat menyebabkan luka bakar tingkat tiga dan kebutaan jika terkena mata.

Paparan kabut asam sulfat dapat mengiritasi mata, hidung, tenggorokan, dan paru-paru, serta pada kadar yang lebih tinggi dapat menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru (edema paru).

Penderita asma sangat sensitif terhadap iritasi paru jika menghirup Asam Sulfat. Paparan berulang kali dapat menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru dan gigi.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengklasifikasikan 'paparan kabut asam anorgani kuat yang mengandung asam sulfat di tempat kerja' sebagai karsinogenik bagi manusia.

BACA JUGA:

Asam sulfat memiliki banyak aplikasi di berbagai industri. Misalnya:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: