Unjuk Kecanggihan Teknologi, Bekasi Kini Mempunyai Artificial Intelligence Robot

Unjuk Kecanggihan Teknologi, Bekasi Kini Mempunyai Artificial Intelligence Robot

Robot pintar milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi--

BEKASI, FIN.CO.ID - Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, kini telah mempunyai robot canggih sebagai karakter TMT Pegawai Diskominfosantik.

Hadirnya robot canggih merupakan langkah Kabupaten Bekasi, untuk transformasi memaksimalkan dan mempermudah pelayanan publik untuk menjadi Smart City.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Rhamdan Nurul Ikhsan mengatakan, pihaknya memanfaatkan kemajuan teknologi melalui kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

"Kita ingin memperkenalkan salah satu tokoh AI yang menjadi TMT Pegawai Diskominfo 2023, yaitu AI Kokom. AI Kokom ini adalah, Artificial Intelligence Komunikasi dan Komputer di Dinas Kominfosantik,” kata Nurul Ikhsan saat dikutip, Senin 4 Desember 2023.

BACA JUGA :

Robot canggih itu juga dapat memandu jalan acara secara interaktif, untuk memberi informasi seputar pembangunan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi.

“AI Kokom ini juga merupakan ide dari Kepala Dinas Kominfosantik dan akan menjadi ikon Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, yang akan selalu memberikan informasi seputar pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui sosial media milik Diskominfosantik,” jelasnya.

Terpisah Kepala Bidang Teknologi Informasi Komputer (TIK), Bahrul Ulum mengungkapkan, robot pintar milik Dinas Kominfosantik merupakan prototipe dari Korea Selatan.

Artificial Intelligence Robot tersebut dikenalkan, untuk mendukung kemajuan kemudahan pelayanan publik Kabupaten Bekasi di masa mendatang.

BACA JUGA :

“Artificial Intelligence Robot ini bisa berinteraksi layaknya manusia, bahkan bisa komunikasi audio visual dua arah. Di Korsel sendiri robot ini sudah banyak digunakan untuk membantu pelayanan publik, media informasi dan patroli,” ungkap Bahrul Ulum.

Robot itu juga telah di ujicoba ketika menyambut Pejabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan, hingga di coba melakukan pengawalan menuju panggung acara.

"Kedepan Diskominfosantik akan fokus dalam pengembangan dan penerapan AI dan IOT, mungkin juga kedepan kita akan belanja alatnya,” ucapnya.

Robot canggih milik Pemkab Bekasi tersebut juga telah ditugaskan, untuk memperkenalkan aplikasi Bebunge 2.0 untuk pelayanan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Tuahta Aldo

Tentang Penulis

Sumber: