Istana Siapkan Keppres Pemberhentian Firli Bahuri, Ini Sosok Penggantinya

Istana Siapkan Keppres Pemberhentian Firli Bahuri, Ini Sosok Penggantinya

Tanggapan Jokowi soal kasus Firli Bahuri-#news #nasional-

FIN.CO.ID- Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) telah menerima surat pemberitahuan atas penetapan tersangka Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selanjutnya, Kemensetneg menyiapkan Rancangan Keppres pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatannya. 

"Kementerian Sekretariat Negara telah menyiapkan Rancangan Keppres pemberhentian sementara Ketua KPK dan juga penetapan ketua sementara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Gedung Utama Kemensetneg Jakarta, Jumat 24 November 2023.

Ari Dwipayana menjelaskan, ada dua Keppres yang akan ditandantangi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yakni Keppres pemberhentian Firli Bahuri dan Keppres pengangkatan Ketua KPK sementara gantikan Firli Bahuri.

"Jadi ada dua isi dari Keppres itu. Satu, terkait dengan pemberhentian sementara Ketua KPK dan yang kedua adalah pengangkatan ketua sementara," ujarnya.

BACA JUGA:


Kabar Terbaru Plt Pengganti Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK--

Ari mengatakan, bahwa Keppres tersebut disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua dan juga mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 yang disahkan DPR menjadi UU Nomor 10 Tahun 2015.

Setelah Rancangan Keppres tersebut disetujui, Kemensetneg akan menyerahkannya kepada Presiden Jokowi untuk ditandatangani.

"Seperti kita ketahui, saat ini Bapak Presiden sedang kunjungan kerja di Papua Barat dan setelah itu beliau akan bertolak ke Kalimantan Barat untuk kunjungan kerja. Rencananya malam hari nanti beliau akan mendarat di Jakarta," katanya.

Ari menambahkan penyerahan Rancangan Keppres tersebut diserahkan pihaknya dalam kesempatan pertama.

"Ya setelah beliau mendarat di Jakarta," kata Ari saat ditanya apakah Keppres akan ditandatangani Presiden malam hari nanti.

BACA JUGA:

Sosok Pengganti Firli Bahuri sebagai Ketua KPK


Ketua KPK Firli Bahuri, resmi ditetapkan tersangka-#news #nasional-

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: