Survei Terbaru Voxpopuli Reasearch Center: Prabowo - Gibran Menang Satu Putaran, Gerindra Gagalkan Tekat PDIP untuk Hattrick

Survei Terbaru Voxpopuli Reasearch Center: Prabowo - Gibran Menang Satu Putaran, Gerindra Gagalkan Tekat PDIP untuk Hattrick

Pendukung pasangan capres cawapres Prabowo - GIbran.-ANTARA FOTO/Galih Pradipta-

FIN.CO.ID- Survei terbaru yang dikeluarkan oleh lembaga survei Voxpopuli Reasearch Center, menempatkan pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran pada Pilpres yang akan berlangsung Februari 2023 mendatang. 

Survei Voxpopuli Reasearch melakukan simulasi pada tiga pasangan calon. Hasilnya elektabilitas Prabowo-Gibran menembus 51,4 persen, jauh meninggalkan Ganjar-Mahfud (24,3 persen) dan Anies-Muhaimin (16,6 persen). Dengan demikian, Pilpres diprediksi tidak sampai dua putaran.

"Prabowo-Gibran berpeluang menang satu putaran pada Pilpres 2024 mendatang," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dalam keterangan tertulis di Jakarta pada Jumat 24 November 2023.

BACA JUGA:


Gibran Rakabuming Raka dan Prabowo Subianto-Antara/Mohammad Ayudha-

Achmad elektabilitas Prabowo naik sebab berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka. 

"Masuknya nama Gibran sebagai cawapres mendongkrak elektabilitas Prabowo hingga mendapat tambahan hampir 15 persen dalam simulasi pasangan capres-cawapres," tandas Achmad. 

Sementara itu, elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD turun drastis, begitu pun pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

"Ketika dipasangkan dengan cawapres masing-masing, elektabilitas pasangan tersebut justru menyusut dan kembali seperti pada elektabilitas capres pada simulasi banyak nama dalam survei bulan September 2023," lanjut Achmad.

Achmad menjelaskan, kehadiran Gibran dalam arena Pilpres 2024 menjadi game changer yang mengubah konstelasi pencapresan.

BACA JUGA:


Prabowo Subianto--Instagram Prabowo

"Sebelumnya Prabowo dan Ganjar bersaing cukup ketat, hingga kemungkinan Pilpres harus berlangsung dalam dua putaran," kata Achmad.

Survei Voxpopuli Research Center diadakan pada 9-15 November 2023, kepada 1200 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini adalah ±2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Gerindra Menang Telak. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: