Rakata Banner Detail

Daftar Korban Kecelakaan Kereta Api Lumajang dengan Elf, Semuanya Warga Kota Surabaya

Daftar Korban Kecelakaan Kereta Api Lumajang dengan Elf, Semuanya Warga Kota Surabaya

Polisi memberikan polce line pada minibus elf yang rusak parah dan sudah dievakuasi sejauh 20 meter dari rel KA di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Senin (20/11/2023).--

fin.co.id - Kecelakaan kereta api debgab mobil Elf di Kabupaten Lumajang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia. 

Saat ini, 11 korban meninggal dunia akibat kecelakaan KA Probowangi dengan minibus Elf di pintu perlintasan tidak terjaga di Desa Ranu Pakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur sudah teridentifikasi.

Kepala RS Bhayangkara Lumajang AKBP Agus Gede Made Artha menyebutkan, bahwa semua korban yang meninggal dunia dan mengalami luka berat adalah warga Kota Surabaya.

Berikut nama korban Kecelakaan Kereta Api Lumajang:

  1. Tn. Riyono warga Babatan Kota Surabaya
  2. Ny. Yelis Agustiana warga Dukuh Pakis Kota Surabaya
  3. Tn. Gatot Hari Cahyono warga Gubeng Kota Surabaya
  4. Tn. Nur Muhamad warga Karang Pilang Kota Surabaya
  5. Ny. Sumarti warga Pakis Kota Surabaya
  6. Tn. Edi Sugianto warga Pakis Gunung Sawahan Kota Surabaya
  7. Ny. Titik Ristianti warga Putat Jaya Kota Surabaya
  8. Tn. Suyono warga Tandes Kota Surabaya
  9. Tn. Sukarnoto warga Putat Jaya Timur Kota Surabaya
  10. Ny. Mariana warga Banyuurip Wetan, Sawahan Kota Surabaya
  11. Ny. Sri Rahayu warga Simo Mulyo baru Kota Surabaya.

"Dari 11 jenazah tersebut, 10 di antaranya sudah dipulangkan ke rumah duka di Kota Surabaya, sedangkan satu jenazah atas nama Sri Rahayu masih berada di Instalasi Pemulasaran Jenazah RSUD dr Haryoto Lumajang," ujar AKBP Agus.

Sementara data korban yang mengalami luka berat dan mendapat perawatan di ICU RSUD dr. Haryoto Lumajang yakni Tn. Warsito (60) warga Banyu Urip wetan Kota Surabaya, Ny. Ardhika (57) warga Perumahan Grand Hasanah Surabaya, dan anak Alena (4) yang merupakan cucu dari Ny. Sri Rahayu.

"Satu korban yang mengalami luka berat dirujuk rawat di RS Bhayangkara Lumajang atas nama Tn. Bayu Trinanto (58) warga Kembang kuning kulon Kota Surabaya," katanya.

Sebelumnya, Kecelakaan maut antara kereta api dengan minibus di Lumajang mengakibatkan 11 orang tewas. 

Sebagian korban tewas telah diidentifikasi pihak Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang.

Korban tewas merupakan penumpang mikrobus Isuzu Elf dengan nomor polisi N-7646-T yang ditabrak KA Probowangi di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu, 19 November 2023 malam.

"Ada 11 korban meninggal dan empat orang mengalami luka berat akibat kejadian kecelakaan tersebut," kata Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Lumajang AKBP Agus Gede Made Artha dalam keterangan tertulisnya, Senin, 20 November 2023.


Petugas saat mengevakuasi minibus yang tertabrak KA Probowangi di Lumajang, Jawa Timur--Humas KAI Daop 9 Jember

BACA JUGA:

Daftar identitas Korban meninggal dunia di Instalasi Pemulasaraan Jenazah RSUD dr..Haryoto Lumajang yakni:

1. Tn. Riyono / Babatan, Surabaya

2. Ny. Yelis agustiana / Dukuh Pakis, Surabaya

3. Tn. Gatot hari cahyono / Gubeng, Surabaya

4. Tn. Nur Muhamad/ Karang Pilang, Surabaya

5. Ny. Sunarti / Pakis, Surabaya

6. Ny. Sri Rahayu/ Simom Mulyo Baru, Surabaya

7. Tn. Edi Sugianto/ 57 Thn/ Pakis Gunung Sawahan, Surabaya

8. Ny. Titik ristianti/ 55 Thn/ Putat Jaya C Timur, Surabaya

9. Tn. Suyono / 55 Thn/ Tandes, Surabaya

10. Belum teridentifikasi

11. Belum teridentifikasi

BACA JUGA:

Sementara data korban yang mengalami luka berat mendapat perawatan di RSUD dr. Haryoto Lumajang yakni:

1. Tn. Warsito / 60 Thn / Banyu Urip Wetan, Sawahan, Surabaya

2. Tn. Bayu Trinanto /58 Thn/ Kembang Kuning Kulon Sawahan, Surabaya.

3. Ny. Ardhika / 57 Thn/  Perumahan Grand Hasanah, Surabaya

4. Cucu dari Ny. Sri Rahayu / -/+ 8 Thn/ Simo Mulyo Baru, Surabaya.

"Petugas sudah mendatangi dan olah tempat kejadian perkara, kemudian mengevakuasi korban hidup, dan mengidentifikasi korban meninggal. Seluruh korban berada di RSUD dr. Haryoto Lumajang," tuturnya.

Ia menjelaskan kronologis kecelakaan itu semula kendaraan minibus Isuzu Elf Nopol. N-7646-T berjalan dari arah selatan ke utara, melintasi lintasan kereta api tanpa palang pintu, dan bersamaan ada KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi--Surabaya yang berjalan dari arah timur ke barat, sehingga terjadi benturan pada Minggu (19/11) pukul 19.53 WIB.

Tertabrak Kereta di Lintasan Tak Berpalang

Sebuah minibus elf tertabrak Kereta Api 266 Probowangi jalur Ketapang Banyuawangi-Surabaya di tepatnya di Desa Ranupakis, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jawa Timur pada Minggu malam 20 November 2023.

Akibat kecelakaan itu, sebanyak 11 orang dilaporkan meninggal dunia dan 4 lainnya mengalami luka-luka. 

"Kami ikut berduka cita dan menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara mobil elf dengan KA 266 Probowangi relasi Ketapang--Surabaya Gubeng di perlintasan tanpa palang pintu di KM 138+0 petak jalan antara Stasiun Randuagung--Stasiun Klakah hari ini pukul 19.53 WIB," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, dilansir di Jakarta, Senin 20 November 2023.

BACA JUGA:

Korban meningga dan luka-luka merupakan penumpang dari monil elf tersebut. Sementara penumpang Kereta Api dipastikan selamat. 

"Akibat kejadian ini, KA Probowangi mengalami keterlambatan 13 menit karena harus berhenti di perlintasan tempat lokasi kejadian tersebut," tuturnya.

Ia mengatakan KA memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba, sehingga pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan KA. 


Warga evakuasi korban dari minibus elf yang tertabrak Kereta Api -Dok warga-(antara)

Seluruh pengguna jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang.

"Hal tersebut sesuai UU 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian pasal 124 dan UU 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 114," katanya.

BACA JUGA:

Sementara itu Pelaksana harian Manajer Hukum dan Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Anwar Yuli Prastyo mengatakan, 11 korban meninggal dibawa ke Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) dr. Haryoto Lumajang.

"Seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr. Haryoto Lumajang, namun kami masih belum mendapatkan identitas-nya," katanya dikutip dari Antara. 

Minibus tersebut bernomor polisi N 7646 T sedang melewati perlintasan Kereta Api yang tidak terjaga di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, pada Minggu malam pukul 19.53 WIB. 

Akibatnya, minibus tertabrak KA 266 Probowangi jalur Ketapang Banyuawangi-Surabaya. 

"KA Probowangi sempat berhenti saat insiden tersebut karena masinis mengecek lokomotif dan rangkaian, setelah dinyatakan aman untuk perjalanan maka kereta tersebut melanjutkan perjalanannya pada pukul 20.06 WIB," tuturnya.

BACA JUGA:

Menurutnya petugas kembali melakukan pengecekan ulang KA Probowangi di Stasiun Probolinggo untuk memastikan rangkaian kereta untuk keselamatan penumpang dalam melanjutkan perjalanan menuju Surabaya.

"KA Probowangi terlambat tiba di stasiun Probolinggo dan stasiun lainnya sekitar 13 menit akibat insiden kecelakaan tersebut, namun kondisi rel di lokasi kecelakaan tetap bisa dilalui oleh kereta api," katanya.

Ia mengimbau masyarakat berhati-hati saat akan melintasi perlintasan sebidang terutama perlintasan tidak terjaga atau tanpa palang pintu dan disiplin mematuhi rambu-rambu yang terdapat di perlintasan sebidang.

"Pastikan jalur yang akan dilalui sudah aman, kemudian tengok kanan dan kiri, serta patuhi rambu-rambu yang ada sebelum melintas rel kereta api agar kejadian kecelakaan di Lumajang tidak terulang kembali," ujarnya.

Sementara perangkat Desa Pakis, Yunus mengatakan sebanyak lima ambulans dikerahkan untuk mengevakuasi jenazah korban yang meninggal di lokasi kejadian karena beberapa korban sempat terlempar ke luar kendaraan.

"Petugas bersama warga mengevakuasi korban yang sudah meninggal dunia, baik yang berada di dalam minibus maupun di luar yang keluar dari mobil," katanya.

Ia menjelaskan seluruh korban sudah dievakuasi ke RSUD dr. Haryoto Lumajang, namun pihaknya juga belum mengetahui identitas korban tersebut. (*)

 

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: