Anies: Cara Menghormati Rakyat adalah Memberikan Kebebasan Menentukan Pilihan

Anies: Cara Menghormati Rakyat adalah Memberikan Kebebasan Menentukan Pilihan

Calon presiden (capres) Anies Baswedan. --

fin.co.id - Calon presiden (capres) dari Koalisi perubahan Anies Baswedan menilai jika saat ini muncul narasi jika jangan sampai ada kecurangan dalam Pemilu. 

Termasuk jangan sampai terjadinya ketidakadilan, hingga manipulasi dalam Pemilu yang akan dihelat Februari 2024 mendatang.

Dengan narasi tersebut, Anies menilai ada rasa ketidakpercayaan yang muncul terhadap negara dan pemerintah. 

"Narasi perubahan yakni mengembalikan kepercayaan kepada pemerintah, mengembalikan kepercayaan kepada institusi yang menjalankan kepentingan rakyat," kata Anies, Jumat 17 November 2023.

Menurut dia, jika pasangan AMIN nantinya diberikan kewenangan, mungkin tidak bisa menyelesaikan seluruh masalah, tapi satu hal yang dapat dipastikan akan mengatakan yang benar adalah benar, yang salah adalah salah dan tidak dicampur adukkan.

Anies juga menyebut, salah satu cara menghormati rakyat Indonesia adalah dengan memberikan kebebasan untuk menentukan pilihan.

BACA JUGA:

"Cara menghormati rakyat dengan memberikan kebebasan yang sesungguhnya, bagi rakyat untuk menentukan pilihan," kata Anies di Jakarta.

Anies menilai jika kewenangan dan kekuasaan seharusnya berada di tangan rakyat, dimana kewenangan untuk menjalankan kekuasaan itu diserahkan lewat proses Pemilu. 

Lanjut dia, sejak Pemilu tahun 1999 hingga 2019, tidak pernah ada perbincangan tentang hati-hati dengan kecurangan jelang Pemilu.

"Kita semua menyongsong Pemilu dengan perasaan optimis, menyongsong Pemilu dengan perasaan, akan ada pemilihan yang hasilnya legitimate," ungkapnya.

Sebelumnya, Calon presiden (capres) Anies Baswedan bersama Kapten Tim Nasional (Timnas) Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) membahas langkah politik untuk pemilu bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Tadi bertukar pikiran, berdiskusi banyak hal. Intinya percakapan tadi tentang membahas langkah-langkah ke depan," kata capres dari Koalisi Perubahan Untuk Persatuan (KPP) ini di Tower NasDem, Jakarta, Rabu 15 November 2023.

Anies menjelaskan bahwa pertemuan itu sekaligus memperkenalkan Kapten (Ketua Umum) Timnas AMIN Muhammad Syaugi Alaydrus kepada Surya Paloh.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: