Viral Bendera Palestina Dicopot Panpel Persija dari Stadion: Mau Dukung Pergi Saja ke Palestina

Viral Bendera Palestina Dicopot Panpel Persija dari Stadion: Mau Dukung Pergi Saja ke Palestina

Bendera Palestina-Afdal namakule-Fin

"Hey, knapa dicabut? Kenapa dicabut? Disuruh siapa? Itu Palestina bro. Pasang lagi!," kata salah seorang Bobotoh dengan menggunakan bahasa Sunda, seperti dalam video yang beredar. 

"Engga tahu pak, disuruh sama itu," jawab seorang petugas.

Fenomena pencopotan bendera Palestina dari stadion sepak bola ini bertolak belakang dengan sikap Indonesia yang saat ini kukuh mendukung kemerdekaan Palestina dan mengecam agresi Israel  ke Gaza. 

Influencer dan juga pendakwa Ustad Hilmi Firdaus mengungkapkan kekesalannya atas kejadian tersebut. Dia bekaca pada sejumlah negara-negara yang supportenya membentang bendera Palestina sebagai bentuk dukungan, tapi justru di Indonesia dilarang.

"Disaat sporter sepakbola negara lain ramai-ramai membentangkan bendera Palestina, bahkan sampai bernyanyi sepanjang laga mendukung Palestina, di negeri ini malah bendera Palestina yangg dipasang di stadion disuruh lepas. Hadeehh…semoga yangg nyuruh nyawanya ga lepas juga," kata Ustad Hilmi melakui akun media sosialnya, dikutip fin pada Rabu 1 November 2023. 

Ustad Hilimi mengatakan, kekerasan di Israel terhadap warga Gaza merupakan genosida dan penjajahan. Dia mengecam mereka yang mempunyai sikap diam atau netral atas perang di Gaza.

"Jangan pada sok netral deh. Ini masalah penjajahan dan genosida, bukang sekedar perang perebutan wilayah. Sikap netral anda sama dengan mendiamkan kedzaliman & pelanggaran HAM yg luar biasa. Harusnya manusia yg masih punya hati nurani faham hal ini," katanya.

"Daripada netral, mending dukung Israel aja sekalian, biar kami tandai satu persatu, siapa saja musuh-musuh kemanusiaan yangg tidak layak hidup di negeri Pancasila yang sedari dulu selalu membersamai perjuangan rakyat Palestina," paparnya. 

Ustad Hilmi juga mendukung supporter bola di Indonesia agar tetap konsisten tunjukkan dukungan kepada kemerdekaan Palestina dengan membentangkan bendera saat laga berlangsung. 

"Ayo semua suporter sepakbola Indonesia, dan juga olahraga lainnya...tunjukkan dukungan dan solidaritas kalian pada perjuangan rakyat Palestina."

"Note : Untuk Panpelnya, jangan pada norak yaa, jangan sok netral, jangan takut juga disanksi,...kecuali memang kalian pendukung Zi0nis la'natullah," pungkasnya. (*)

 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: