Hasil Survei Capres 2024: Prabowo-Gibran Ungguli Dua Pasang Capres-Cawapres Lainnya

Hasil Survei Capres 2024: Prabowo-Gibran Ungguli Dua Pasang Capres-Cawapres Lainnya

Ilustrasi capres dan cawapres --ist

FIN.CO.ID - Hasil survei capres 2024 yang diselenggarakan Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengungguli dua pasangan lainnya, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Hasil survei capres 2024 versi Indikator Politik Indonesia menempatkan pasangan Prabowo-Gibran dengan nilai 36,1 persen. Sementara Ganjar-Mahfud 33,7 persen; dan Anies-Muhaimin (AMIN) 23,7 persen.

Kondisi yang sama juga terjadi pada elektabilitas bacapres, dimana Prabowo unggul dengan 37 persen; Ganjar 34,8 persen; dan Anies 22,3 persen. Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, dikutip fin.co.id Sabtu 28 Oktober 2023. 

"Simulasi pasangan tidak berbeda signifikan dari simulasi tiga nama," kata Burhanuddin. 

BACA JUGA:

Dari temuan hasil survei itu, Burhanuddin menyoroti elektabilitas Prabowo turun ketika dipasangkan dengan Gibran. Namun demikian, ia menegaskan survei tersebut dilakukan sebelum Gibran resmi ditetapkan sebagai bacawapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendampingi Prabowo.

Survei dilakukan tepat usai MK mengabulkan gugatan terkait syarat pendaftaran capres-cawapres yang harus berusia minimal 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota pada Senin (16/10) lalu.

"Setelah MK mengambil keputusan, survei tanggal 16-20 Oktober, suara pak Prabowo ketika bergandengan dengan Gibran agak turun. Dari 37 ke 36,1 persen," kata dia.

Hal serupa menurutnya juga terjadi pada pasangan Ganjar-Mahfud. Menurut Burhanuddin, suara mereka sebagai pasangan turun kendati tidak signifikan lantaran para responden beralih untuk merespons tidak tahu atau tidak menjawab (TT/TJ).

BACA JUGA:

Ia menyebut pendukung Ganjar-Mahfud yang memilih TT/TJ bimbang usai Gibran yang juga merupakan kader PDIP kala itu santer dibicarakan publik untuk mendampingi Prabowo.

Sementara pasangan AMIN menurutnya paling diuntungkan atas situasi itu. Burhanuddin mengatakan suara pendukung lama Prabowo beralih ke pasangan AMIN.

"Tesis kita bahwa Prabowo-Gibran meskipun memiliki potensi untuk menarik massa Ganjar, karena mas Gibran adalah kader PDIP. Tapi potensi itu belum terealisasi, dalam survei setelah putusan MK itu," ujarnya.

Adapun survei nasional ini dilakukan selama periode 16-20 Oktober 2023. Responden survei merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas yang memiliki hak pilih pada Pemilu. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: