Ganjar Pranowo Jawa Tengah Jadi Lumbung Suara, Meskipun Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Ganjar Pranowo Jawa Tengah Jadi Lumbung Suara, Meskipun Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Capres Ganjar Pranowo dan cawapres Gibran Rakabuming Raka--

FIN.CO.ID - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yakin jika dirinya bersama cawapres Mahfud MD bisa menguasai perolehan suara di Provinsi Jawa Tengah.

Hal ini menanggapi diusungnya Gibran Rakabuming Raka yang merupakan Wali Kota Surakarta menjadi cawapres Prabowo Subianto. 

Ganjar mengatakan, suara PDIP dan partai koalisinya tetap solid dan kompak, meskipun Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Jokowi menjadi cawapres Prabowo Subianto.


Pasangan Capres Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD-M Risyal Hidayat-ANTARA

"Ya Insyaallah PDIP kompak, ya partai lain ada PPP di sana juga ada di beberapa titik kuat, ada Perindo, Hanura, meskipun tidak banyak di parlemen, tetapi mereka sekarang geraknya kencang. Kawan-kawan sekarang malah tambah semangat. Jadi, Insyaallah," kata Ganjar, Senin 23 Oktober 2023.

Ganjar juga meyakini, Jawa Tengah tetap menjadi lumbung suara terbesar untuk dirinya yang didukung oleh PDI Perjuangan.

"Insyaallah yakin banget kalau itu, yakin banget," kata Ganjar menjawab pertanyaan mengenai Jawa Tengah masih menjadi kandang Banteng.

BACA JUGA:

Banteng Hitam merupakan logo PDI Perjuangan.

Jika merujuk pada perolehan suara PDIP pada Pemilu 2019, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu mampu mendulang sekitar 21 persen suara dari total 19,42 juta suara. Perolehan itu menjadi yang terbesar dibandingkan dengan partai-partai lain yang ikut kontestasi Pemilu 2019.

Untuk Pemilu 2024, termasuk di antaranya pemilihan presiden, PDI Perjuangan bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo mengusung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai bakal capres-cawapres.

Walaupun demikian, dari Jawa Tengah juga ada Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini diketahui masih sebagai kader PDI Perjuangan dan Wali Kota Surakarta. 

Gibran telah diumumkan oleh Koalisi Indonesia Maju sebagai bakal cawapres yang mendampingi Prabowo Subianto.

"Baru saja Koalisi Indonesia Maju telah berembuk secara final dan secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju,” kata Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara Nomor 4, Jakarta, Minggu (22/10) malam.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: