TPA Rawakucing Kota Tangerang Kebakaran, Berawal dari Landfill di Pintu Satu Merembet ke Pintu Lain

TPA Rawakucing Kota Tangerang Kebakaran, Berawal dari Landfill di Pintu Satu Merembet ke Pintu Lain

Kebakaran TPA Rawakucing, Kota Tangerang, Banten.--

FIN.CO.ID - Kebakaran di TPA Rawakucing Kota Tangerang Banten berawal dari area landfill di pintu satu dan cepat merambat ke pintu lain karena angin cukup kencang pada sore hari.

"Penyebab kebakaran hingga saat ini masih diselidiki. Namun, kebakaran yang melanda TPA Rawa Kucing, Kota Tangerang ini indikasi awalnya disebabkan atas faktor cuaca panas ekstrem," kata Kepala Pelaksana, BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan di Tangerang Jumat 20 Oktober 2023.

Semakin luasnya api yang membakar membuat BPBD membagi tiga bagian proses pemadaman. Pasalnya api cepat membakar sampah yang dalam kondisi kering.


Kebakaran TPA Rawakucing, Kota Tangerang, Banten.--

"Api cepat meluas karena memang sampah-sampah yang mudah terbakar, seperti plastik. Jadi agak sulit," ujarnya.

Akibat peristiwa ini, kepulan asap hitam pun terus membubung tinggi ke langit. Api pun terus meluas memakan hamparan sampah. "Kita masih berupaya melakukan pemadaman," ujarnya,

Ia mengungkapkan hingga saat ini sekitar 105 personel pemadam telah dikerahkan, dengan 24 unit mobil pemadam diturunkan untuk menjinakkan api. 

BACA JUGA:

"Memaksimalkan penanganan, juga diturunkan 10 unit mobil tangki Disbudpar Bidang Pertamanan dan 4 mobil tangki DLH Kota Tangerang untuk mempercepat pemadaman," katanya.

Sejak dilanda kebakaran mulai pukul 14.00 WIB, hingga saat ini TPA Rawa Kucing masih diselimuti api yang berkobar, dan ratusan pemadam kebakaran pun masih berupaya menaklukkannya, Jumat (20/10/23). 

Dampak yang langsung dirasakan, selain terhentinya bongkar muatan pada truk sampah juga berimbas langsung pada kesehatan petugas maupun warga sekitar TPA. 

Dinkes Siagakan Layanan Kesehatan

Sigap dalam situasi tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang pun langsung menerjunkan personel, fasilitas layanan kesehatan hingga armada ambulans smart 119 yang standby di lokasi kejadian.

"Petugas kesehatan seketika langsung ikut turun ke lokasi kejadian, baik jajaran Dinkes Kota Tangerang maupun puskesmas setempat, yaitu Puskesmas Kedaung Wetan. Ambulans Smart 119 sebagai ambulans mini ICU sudah dikerahkan di lokasi kejadian, untuk cepat melakukan penanganan jika dibutuhkan," ungkap Kepala Dinkes Kota Tangerang dr. Dini Anggraeni, saat dihubungi. 

Ia pun menjelaskan, selain ambulans, Dinkes Kota Tangerang juga menyiapkan layanan Rumah Sakit rujukan, jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut atau serius. Selain itu, juga disediakan obat-obatan, tabung oksigen, dan nebulizer. 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: