DPD Biwali Kabupaten Tangerang Dideklarasikan: Jaga Nagara- Jaga Raksa- Jaga Baya

DPD Biwali Kabupaten Tangerang Dideklarasikan: Jaga Nagara- Jaga Raksa- Jaga Baya

Ratusan Santri bersama Ulama mendeklarasikan diri bernaung dalam Organisasi Masyarakat Dewan Pimpinan Daerah Bintang Sembilan Wali atau DPD Biwali Kabupaten Tangerang di Pondok Pesantren Attadzakir Sunan Kalijaga, Kecamatan Solear, Sabtu (14/10/2023). --

FIN.CO.ID - Ratusan Santri bersama Ulama mendeklarasikan diri bernaung dalam Organisasi Masyarakat Dewan Pimpinan Daerah Bintang Sembilan Wali atau DPD Biwali Kabupaten Tangerang di Pondok Pesantren Attadzakir Sunan Kalijaga, Kecamatan Solear, Sabtu (14/10/2023). 

Pada kesempatan itu, Deni Febriana dikukuhkan sebagai Ketua Umum DPD Biwali Kabupaten Tangerang beserta pengurus lainnya, untuk masa bakti 2023 hingga 2028 mendatang. Pelantikan pun berlangsung khidmat.

Dalam sambutannya, Dewan Pembina DPP Biwali, KH Matin Syarkowi menuturkan, pendirian Biwali dilatarbelakangi oleh adanya keresahan, bahwa kurangnya perhatian khususnya dari pemerintah akan keberadaan Ponpes Salafiah yang merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan yang telah terbukti mendedikasikan diri kepada bangsa.

Bahkan, pengasuh Ponpes Al-Fathoniyah ini menyebut, seorang Kyai yang merupakan aset bangsa, harus bolak-balik membawa proposal agar proses pendidikan di Ponpes salafi yang dibimbingnya dapat berjalan.

Maka, berawal dari keresahan itulah kelompok pengajian yang dipimpin KH Matin dimana berisikan masyarakat umum termasuk berprofesi Jurnalis, membentuk suatu wadah organisasi dengan nama Biwali yang melambangkan Ponpes Salafi.

"Kemudian Biwali mendorong untuk adanya apresiasi terhadap santri, maka lahirlah piagam Al-Fathoniyah yang ditandatangani oleh Bapak Presiden Jokowi. Disana turut melahirkan hari santri nasional yang diperungati pada 22 oktober," kata Kyai Matin. 

BACA JUGA:

Ia pun menegaskan, bahwa sebagaian pendiri Biwali merupakan sosok yang menguatkan Presiden Jokowi supaya maju kembali pada Pemilu 2019 hingga terpilih kembali untuk memimpin RI pada saat ini.

Selanjutnya, Biwali mendeklarasikan diri sebagai garda terdepan dalam mencegah faham radikalisme yang sempat merajalela dan meresahkan di tengah masyarakat.

Selain itu, mendorong kebijakan pemerintah yang berkeadilan serta memperkokoh terwujudnya hubbul wathon minal iman. 

"Maka dari itu Biwali yang berfaham Salafi (Ahlusunnah wal Jama'ah Annahdhliah) perlu menangkal faham-faham radikalisme kepada mayarakat khususnya generasi muda dengan menggandeng Ustadz, Kyai beserta para Santrinya," ungkap KH Matin.

Ketua DPD Biwali Kabupaten Tangerang, Deni Febriana menambahkan, pihaknya akan mengamalkan nilai-nilai Tri Jaga sebagai ruuh organisasi dan dasar pendirian Biwali.

Ia pun mengaskan, khususnya terhadap para pengurus Biwali harus dapat menjadi cintoh pengamalan nilai-nilai tersebut.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: