Empat Tahun Beroperasi dan Terkoneksi, Jasa Marga Catat LHR Jalan Tol Trans Jawa Tembus 1,11 Juta Kendaraan

Empat Tahun Beroperasi dan Terkoneksi, Jasa Marga Catat LHR Jalan Tol Trans Jawa Tembus 1,11 Juta Kendaraan

Simpang Susun Boyolali_Jalan Tol Semarang Solo, yang merupakan bagian dari Ruas Jalan Tol Trans Jawa yang dioperasikan PT JTT-Credit Image: Jasa Marga-

FIN.CO.ID – PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai operator jalan tol pertama dan terbesar di Indonesia terus berkomitmen menjadi perusahaan jalan tol yang berkelanjutan. 

Dengan pengalaman lebih dari 45 tahun, Jasa Marga saat ini masih menjadi market leader untuk jalan tol beroperasi di Indonesia sepanjang 1.260 Km yang merupakan 48% dari seluruh jalan tol operasi di Indonesia dari total konsesi jalan tol Jasa Marga sepanjang 1.736 Km.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga terus berkontribusi terhadap konektivitas antar wilayah untuk mendukung tercapainya percepatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Indonesia. 

Sebagai salah satu contoh untuk hal ini, menurutnya, terwujud melalui pengoperasian penuh Jalan Tol Trans Jawa di penghujung tahun 2018 yang saat ini merupakan jalan tol terintegrasi yang terpanjang di Indonesia, yang menghubungkan Merak hingga Probolinggo.

BACA JUGA:

“Jasa Marga melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengelola 62% dari keseluruhan panjang Jalan Tol Trans Jawa, atau sepanjang 676 Km. Jalan tol ini menyambungkan berbagai kota besar di Pulau Jawa dengan kawan strategis seperti bandara, pelabuhan, kawasan industri hingga destinasi wisata. Selama empat tahun beroperasi, kami mencatat peningkatan Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) yang signifikan seiring dengan terintegrasinya setiap ruas yang ada di koridor Jalan Tol Trans Jawa,” ujar Lisye dalam keterangan tertulisnya, Jumat 13 Oktober 2023.


Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, saat menjadi pembicara pada event workshop keterbukaan informasi publik yang diselenggarakan Jasa Marga-Credit Image: Jasa Marga-

Sejak dioperasikan secara penuh di penghujung tahun 2018, Jasa Marga mencatat peningkatan LHR yang signifikan untuk Jalan Tol Trans Jawa. Tercatat pada tahun 2019 di awal pengoperasian, LHR Jalan Tol Trans Jawa setelah beroperasi penuh adalah sebesar 1,1 juta kendaraan/hari, meningkat 3,23% dari tahun 2018.

Beranjak ke tahun 2020 hingga tahun 2022, LHR Jalan Tol Trans Jawa selama tiga tahun tersebut masih mengalami kenaikan di tengah pandemi COVID-19, tercatat pada tahun 2021 LHR sebesar 982 ribu kendaraan/hari, dengan kenaikan rata-rata tiap tahunnya sebesar 16%. 

Sedangkan di tahun 2023 hingga triwulan III, LHR Jalan Tol Trans Jawa mencapai 1,11 juta kendaraan/hari, meningkat 3,12% jika dibandingkan dengan LHR pada periode yang sama di tahun 2019.

BACA JUGA:

“Jalan Tol Trans Jawa mampu memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi dan sosial Indonesia melalui multiplier effect di berbagai sektor, di antaranya yaitu efisiensi biaya logistik, percepatan konektivitas antar daerah, hingga pengembangan wilayah di sekitar area jalan tol,” ujar Lisye.

Sementara itu, Direktur Utama PT JTT Rudi Kurniadi menjelaskan, setelah dilakukannya spin-off (pemisahan) pada 13 Ruas Jalan Tol Trans Jawa dari induk, PT JTT terus berupaya meningkatkan kualitas layanan operasional jalan tol. 

Tidak hanya mengoptimalkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol, PT JTT juga memberikan pelayanan beyond SPM dengan beautifikasi, penghijauan, ketersediaan ruang usaha UMKM, fasilitas disabilitas hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di rest area.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: