Survei IPN: Elektabilitas Prabowo Turun Drastis Jika Berpasangan dengan Gibran

Survei IPN: Elektabilitas Prabowo Turun Drastis Jika Berpasangan dengan Gibran

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka--Instagram @Prabowo

"Responden yang tetap memilih Prabowo Subianto dan Gibran hanya tersisa 10,3 persen responden dan yang memilih tidak menjawab atau tidak tahu sebanyak 29,6 persen," ungkapnya.

Survei publik Indikator Politik Nasional digelar 12-26 September 2023, mengambil populasi warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dalam pemilu, di 34 provinsi di Indonesia. 

Dari populasi itu dipilih secara acak sebanyak 1.500 responden, dengan margin of error 3.05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metodologi pengumpulan suara menggunakan multistage random sampling atau cara pengambilan sampel dengan menggunakan kombinasi dari 2 (dua) atau lebih metode pengambilan sampel yang berbeda. 

Para responden diwawancara melalui telepon oleh tim survei Indikator Politik Nasional.

Relawan Satria Deklarasi Prabowo - Gibran

Satuan Relawan Indonesia Raya (Satria) sebagai sayap Partai Gerindra mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai pasangan bakal calon presiden/wakil presiden pada Pemilu 2024.

"Deklarasi ini kami laksanakan berdasarkan masukan-masukan dari kader Satria se-Indonesia, yang meminta Prabowo untuk berpasangan dengan Gibran untuk pemilihan presiden 2024," kata Ketua Umum Satria Bambang Haryadi di Jakarta, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurut dia, Satria membutuhkan pasangan yang paham masalah geopolitik dunia, keterwakilan anak muda dan tidak ada lagi istilah cebong dan kampret.

"Usulan resmi itu segera disampaikan kepada Prabowo Subianto dan Koalisi Indonesia Maju," ujarnya.

Menurut dia, pascapilpres 2019, Indonesia mengalami kondusifitas politik yang cukup baik, dimana persatuan telah terjadi antara Prabowo dengan Jokowi.

"Ini sangat membuat kita semua adem dan kondisi politik yang stabil," katanya.

Dia berpendapat, dengan mengusung Walikota Solo Gibran Rakabuming, maka persatuan dan kedamaian politik bisa lebih baik lagi.

Apalagi saat ini, Presiden Jokowi menyarankan Indonesia butuh pemimpin yang tegas, butuh pemimpin yang berani dan itu ada pada sosok Prabowo Subianto.

"Kami tidak bisa mengenyampingkan, bahwa kami anak-anak muda juga butuh perwakilan dan Gibran adalah salah satu tokoh terbaik bangsa ini, yang bisa mewakili kami untuk memimpin Indonesia ke depan," harapnya. (*) 

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: