Cawapres Prabowo Subianto: Erick Thohir Lebih Menjanjikan Ketimbang Airlangga Hartarto dan Khofifah

Cawapres Prabowo Subianto: Erick Thohir Lebih Menjanjikan Ketimbang Airlangga Hartarto dan Khofifah

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo (kanan) dan Dirut Perum Bulog Budi Waseso (kiri) meninjau harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), -ANTARA FOTO/Fauzan-

FIN.CO.ID - Menteri BUMN Erick THohir disebut-sebut lebih menjanjikan menjadi cawapres Prabowo Subianto. Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC) Rio Prayogo. 

Erick Thohir disebut lebih menjanjikan jadi cawapres Prabowo ketimbang Airlangga hartarto dan juga Khofifah Indar Parawansa.

“Berdasarkan survei teranyar lembaga kami, Prabowo lebih menjanjikan bersama Erick Thohir, bukan bersama Khofifah, apalagi Airlangga,” kata Rio, Kamis 5 Oktober 2023.

Dalam survei yang dilakukan PRC, diperoleh hasil Prabowo Subianto-Erick Thohir meraih elektabilitas 38,8 persen dalam simulasi tiga pasangan. 

Di posisi kedua, pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno meraih elektabilitas sebesar 31,9 persen, disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,5 persen.

Berdasarkan hasil survei PRC, Erick Thohir meraih elektabilitas 16,8 persen. Kemudian, elektabilitas Ridwan Kamil sebesar 16,4 persen, dan Muhaimin Iskandar sebesar 15,4 persen. 

BACA JUGA:

Berikutnya, Sandiaga Uno (12,6 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (10 persen), dan Airlangga Hartarto (1,2 persen).

Rio uga menyebut jika Khofifah Indar Parawansa hanya berbasis di Jawa Timur (Jatim), sedangkan Erick Thohir kuat di Jawa Timur dengan menjadi salah satu representasi Nahdlatul Ulama (NU) dan suaranya pun lebih merata di seluruh Indonesia, khususnya di luar Jawa dan tidak sebatas dari kalangan tertentu saja.

“Untuk Airlangga, jelas jauh tidak bisa dibandingkan,” ucapnya.

Erick Thohir, tambah dia, juga bisa merambah basis suara yang belum dimiliki Prabowo Subianto yakni generasi millenial, khususnya masyarakat sepak bola, sebab aktif dalam dunia sepak bola. 

Misalnya, dengan pernah menjadi Presiden Inter Milan dan posisinya saat ini sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Ini semua memperkuat modal sosial dan kekuatannya sebagai tokoh berpengaruh. Erick juga menguatkan Prabowo dari narasi dan isu perbaikan ekonomi, karena memiliki pengalaman panjang di bidang ekonomi, saat ini menjadi Menteri BUMN dan Ketua masyarakat Ekonomi Syariah,” tuturnya.

BACA JUGA:

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: