Indra Gunawan: PWI Harus Tampil Lebih Segar dan Mampu Memanfaatkan Teknologi untuk Kesejahteraan Wartawan

Indra Gunawan: PWI Harus Tampil Lebih Segar dan Mampu Memanfaatkan Teknologi untuk Kesejahteraan Wartawan

Kepala BPN Kota Depok Indra Gunawan saat berdiskusi dengan Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan jajaran belum lama ini.-BPN KOta Depok-

FIN.CO.ID - Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok, Indra Gunawan, mendorong Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat untuk tampil lebih segar, inovatif, dan modern.

Indra Gunawan menilai, teknologi yang begitu pesat memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan oleh PWI dalam meningkatkan kualitas dan profesionalisme jurnalis.

“PWI harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Cerdas dalam melihat potensi pasar pemberitaan dengan melakukan transformasi digital adalah kunci, membangun kesejahteraan insan wartawan yang mengedepankan independensi,” ujar Indra Gunawan saat berdiskusi dengan wartawan, Kamis 5 Oktober 2023.

Indra Gunawan memaparkan tiga hal yang dapat dilakukan oleh PWI untuk tampil lebih segar, inovatif, dan modern, yaitu:

1. Melakukan transformasi digital

PWI Pusat perlu melakukan transformasi digital agar dapat menjangkau masyarakat yang semakin akrab dengan teknologi.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengembangkan platform digital untuk menyajikan konten jurnalistik, serta memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan informasi.

BACA JUGA:

2. Meningkatkan kualitas jurnalisme

PWI Pusat perlu meningkatkan kualitas jurnalisme agar dapat menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan jurnalistik kepada anggota, serta mendorong jurnalis untuk melakukan riset dan investigasi yang mendalam dalam sajian pemberitaan.

3. Meningkatkan profesionalisme wartawan

PWI Pusat perlu meningkatkan profesionalisme wartawan agar dapat menjalankan tugasnya secara independen dan bertanggung jawab.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), serta memberikan pembinaan kepada wartawan agar dapat menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Selain itu, pria yang sempat duduk sebagai Kabag Humas Kementerian ATR/BPN ini juga mendorong PWI Pusat untuk lebih aktif dalam menyuarakan kepentingan masyarakat. 

Di sisi lain, PWI Pusat memiliki peran penting dalam mengawal demokrasi dan hak-hak masyarakat.

“PWI harus menjadi organisasi yang aktif menyuarakan kepentingan masyarakat. PWI harus menjadi garda terdepan dalam mengawal demokrasi dan hak-hak masyarakat,” ujar Indra Gunawan.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Sigit Nugroho

Tentang Penulis

Sumber: