Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh: Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh: Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat

Pramugari dan Pramugara Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh siap melayani penumpang-GWHAY-fin.co.id

FIN.CO.ID - Kereta Cepat Jakarta-Bandung diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kereta Cepat Jakarta-Bandung diberinama WHOOSH di bagian akhir. 

Banyak yang belum mengetahui apa yang dimaksud Whoosh dalam Kereta Cepat Jakarta Bandung tersebut. 

Jokowi menerangkan, penggunaan kata WHOOSH ini terinspirasi dari kata wush yang biasa digunakan untuk menggambarkan suatu kecepatan.   

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh saya nyatakan dioperasikan,” ujar Jokowi, Senin 2 Oktober 2023.

Jokowi menjelaskan, Whoosh dalam Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

“W-H-O-O-S-H, dibaca ‘wus’. Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini, dan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat,” kata Jokowi.

BACA JUGA:

Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh resmi beroperasi untuk umum mulai 1 Oktober 2023.

Harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh pun masih aman di kantong alias masih terjangkau masyarakat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh berada di kisaran Rp250.000 hingga Rp350.000 per penumpang.

"Untuk tarif segera kita putuskan. Tapi kurang lebih antara Rp250 ribu hingga Rp350 ribu, kurang lebih," kata Jokowi di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 2 Oktober 2023 siang.


Pramugari dan Pramugara Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh siap melayani penumpang-GWHAY-fin.co.id

Saat singgung kapan waktu penerapan tarif tersebut, Presiden meminta agar ditanyakan kepada PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku konsorsium pembangunan KCJB.

Dikatakan Presiden Jokowi hal terpenting dalam pengelolaan kereta cepat adalah pelayanan yang cepat dan fungsi dari moda transportasi. "Yang paling penting rakyat dilayani dengan baik dengan cepat dan fungsi transportasi bukan untung dan rugi," katanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Khanif Lutfi

Tentang Penulis

Sumber: