Resmi Beroperasi, Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober

Resmi Beroperasi, Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Gratis hingga Pertengahan Oktober

Tarif kereta cepat Jakarta Bandung usai masa uji coba gratis berakhir -GWHAY-fin.co.id

FIN.CO.ID- Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) resmi mulai beroperasi hari ini, setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin 2 Oktober 2023 di lantai 3 Stasiun KCJB Halim.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim, Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh, saya nyatakan dioperasikan," kata Presiden Jokowi saat peresmian di Stasiun KCJB Halim.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, masyarakat suda bisa menggunakan jasa Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara gratis hingga pertengahan Oktober 2023. 

"Kami bersepakat, hingga pertengahan Oktober pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung masih tidak digunakan biaya atau gratis," kata Luhut dalam sambutan di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin 2 Oktober 2023. 

Luhut mengakatan, pemerintah melihat antusias masyarakat menggunakan layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung yan begitu luar biasa saat pertama kali dibuka untuk uji coba secara gratis.

"(Masyarakat) langsung merasakan sendiri kemanfaatannya, Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, tentunya semua berjalan dengan aman dan nyaman, berkat keandalan sistem yang telah teruji, berkat tingginya rasa penasaran masyarakat terhadap uji coba gratis KCJB," katanya.

BACA JUGA:



Pramugari Kereta Cepat Jakarta Bandung Whoosh siap melayani penumpang-GWHAY-fin.co.id

Luhut mengatakan agenda peresmian KCJB merupakan catatan bersejarah, bahwa bangsa Indonesia berhasil menyelesaikan proyek perkeretaapian modern di tengah berbagai tantangan yang telah dilalui.

Tantangan yang dimaksud seperti masalah pembebasan lahan, koordinasi lintas kepentingan, hingga masalah pendanaan yang sulit di saat pandemi COVID-19.

"Terus terang sejak kami menerima penugasan dari Bapak Presiden, untuk melanjutkan pembangunan proyek kereta api cepat pada akhir 2019, ada banyak masalah dan kendala yang kami temukan," katanya.

Namun tantangan itu berhasil diatasi berkat kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, masyarakat, swasta dan juga pemerintah Tiongkok bersama seluruh perusahaannya yang terlibat.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung bernama Whoosh yang diambil dari singkatan Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Peluncuran Whoosh di Stasiun Halim turut dihadiri sejumlah perwakilan dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku konsorsium pembangunan KCJB.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: