Survei Terbaru LSI Denny JA: Prabowo Unggul, Anies Baswedan Posisi Kedua, Ganjar Ketiga

Survei Terbaru LSI Denny JA: Prabowo Unggul, Anies Baswedan Posisi Kedua, Ganjar Ketiga

Prabowo Subianto dan Presiden Jokowi--@prabowo/instagram

FIN.CO.ID- Survei terbaru dari lembaga survei LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA memaparkan hasil temuan di Jawa Barat yang menunjukan elektabilitas calon presiden Prabowo Subianto kokoh di urutan pertama. 

Sementara Capres Anies Baswedan urutan kedua, dan Ganjar Pranowo urutan ketiga. 

Survei itu memotret preferensi pemilih warga Jawa Barat terhadap calon presiden, calon wakil presiden, dan partai politik

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah menjelaskan Prabowo Subianto unggul jauh dari capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, baik dalam simulasi perorangan maupun berpasangan. 

Kegiatan survei dilakukan dari tanggal 10-19 September 2023 dengan menggunakan metode "multistage random sampling" dengan jumlah responden standar 440 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan "margin of error" 4,8 persen.

BACA JUGA:

Untuk perorangan, katanya, Prabowo unggul 46,1 persen. Namun, pada saat berpasangan dengan Erick Tohir, turun 3 persen menjadi 43,4 persen.

Di urutan kedua, Anies Baswedan unggul di atas Ganjar Pranowo dengan 29,3 persen. Saat Anies berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, juga turun 4 persen menjadi 25,5 persen.

Sementara Ganjar, sesuai dengan hasil survei itu, harus puas di posisi ketiga dengan elektabilitas 18,4 persen.

Hal yang menarik, kata Toto, meski Ganjar masih di posisi nomor urut 3, saat dibuat simulasi berpasangan dengan Ridwan Kamil, elektabilitasnya naik dari 18,4 persen menjadi 24,8 persen. 

Begitu juga saat Ganjar berpasangan dengan Sandiaga Uno, naik menjadi 20,0 persen.

BACA JUGA:

Toto membandingkan jika merujuk pada data Survei LSI Denny JA setahun sebelumnya atau pada Februari 2022, ketiga capres potensial ini memang sama-sama mengalami kenaikan. 

Prabowo, naik dari 26,0 persen ke 46,1 persen. Kemudian Anies dari 17,3 persen ke 29,3 persen dan Ganjar, dari sebelumnya 7,8 persen menjadi 18,4 persen.

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Afdal Namakule

Tentang Penulis

Sumber: