Keren! Meta AI Hadir di WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Ray-Ban, Emu dan Meta Quest 3, Seperti Apa?

Keren! Meta AI Hadir di WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Ray-Ban, Emu dan Meta Quest 3, Seperti Apa?

Meta AI Hadir di WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Ray-Ban, Emu dan Meta Quest 3-fin-Meta AI-

FIN.CO.ID - Bertempat di kantor pusat Meta di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS), CEO Meta Mark Zuckerberg menyebut semua produk Meta akan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence). 

Termasuk pada aplikasi WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Ray-Ban, Emu dan Meta Quest 3. 

Mark Zuckerberg menggambarkan di masa depan orang-orang, teman, rekan kerja, dan keluarga dapat berinteraksi dengan hologram secara virtual dengan bantuan AI. 

Melalui Meta Connect 2023, Mark Zuckerberg menghadirkan produk dan layanan Meta. Mulai virtual reality Meta Quest 3, hingga asisten chatbot AI dari Meta.

Produk Baru yang Dikenalkan Meta Adalah:

  1. Meta Quest 3 Headset VR 
    Meta Quest 3 Headset VR tersedia dalam dua ukuran penyimpanan: 128GB dan 512GB. Meta Quest 3 menggunakan Qualcomm Snapdragon XR2 Gen 2 generasi baru plus RAM 8GB.
    Meta Quest 3 mengusung layar baru dengan 4K+ Infinite Display. Yaitu dua LCD yang menggunakan optik pancake untuk mencapai resolusi 2.064 x 2.208 piksel per mata. Meta Quest 3 memiliki kecepatan 90Hz dengan kecepatan refresh eksperimental 120Hz. Sementara daya tahan baterai, sekitar 2,2 jam hingga 2,9 jam dengan pengisi daya 18W. Meta Quest 3 headset VR ini juga mendukung Xbox Cloud Streaming.


    Meta Quest 3 Headset VR-fin-Meta- 

  2. Emu Meta 
    Meta juga menghadirkan model kecerdasan buatan ke media sosial miliknya. Yaitu Instagram dan Facebook. Namanya Emu.
    Dengan Emu, memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook membuat stiker dengan bantuan AI. Stiker itu juga bisa dibagikan teman, rekan kerja dan keluarga.
    Ini adalah AI generative sticker. Mirip DALL-E. Yang dihasilkan bukan gambar melainkan stiker. 


    Emu Meta-fin-Meta-

  3. Meta AI 
    Mark Zuckerberg juga memperkenalkan asisten virtual AI chatbot yang dinamakan Meta AI. Asisten ini layaknya manusia yang bisa berinteraksi dengan pengguna.
    Meta AI dipastikan hadir di seluruh produk Meta. Termasuk WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Ray-Ban, Emu dan Meta Quest 3.
    Meta AI dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi Llama 2 dan penelitian moden bahasa besar (large language model/LLM) terbaru. Layanan ini diklaim punya akses ke informasi real-time melalui kemitraan pencarian dengan Bing dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar, tidak terbatas pada teks.


    Meta AI-fin-Meta-

  4. Ray-Ban Meta 
    Perangkat keras lain yang dikenalkan Mark Zuckerberg adalah kacamata pintar (smart glasses) Ray Ban Meta. Untuk merancang produk ini, Meta bekerja sama dengan perusahaan ternama Essilor Luxottica.
    Salah satu kecanggihan Ray Ban Meta smart glasses ini adalah kemampuan melakukan streaming langsung dari kacamata ke Facebook atau Instagram. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan asisten digital Meta AI untuk melakukan perintah menggunakan suara.
    Kacamata generasi terbaru ini juga dilengkapi fitur audio dan kamera ultra lebar 12 megapiksel dan sertifikat ketahanan IPX4. Selain itu, masa penggunaannya total 36 jam. Tersedia lebih dari 150 kombinasi bingkai dan lensa khusus yang bervariasi. 

       
Ray-Ban Meta-fin-Meta-

Meta Quest 3 Headset VR Resmi Diluncurkan 

Pada 27 September 2023 kemarin, Headset VR Mainstream Meta Quest 3 dikenalkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada acara Meta Connect 2023.  

"Memperkenalkan Meta Quest 3. Headset mainstream pertama dengan realitas campuran warna beresolusi tinggi. 40% lebih tipis dan lebih nyaman. Tampilan dan resolusi lebih baik. Chipset Qualcomm generasi berikutnya dengan kinerja grafis 2x lebih baik. Headset kami yang paling kuat," tulis Mark Zuckerberg seperti dikutip fin.co.id dari akun Instagram pribadinya yang bercentang biru @zuck pada Kamis, 28 September 2023. 

Apa Itu Meta Quest 3

Meta Quest 3 adalah headset realitas virtual yang dikembangkan Reality Labs yang merupakan divisi dari Meta Platforms. Meta Quest 3 akan dirilis dan dijual ke pasar pada 10 Oktober 2023 mendatang.

Meta Quest 3 diklaim mampu menggabungkan dunia nyata dan virtual. Yang menarik, keduanya dapat berinteraksi secara real time. 

Secara teknis, headset mixed reality ini adalah teknologi yang menggabungkan konsep augmented reality dan virtual reality. 


Meta Quest 3 -fin-Mark Zuckerberg-Instagram

DAPATKAN UPDATE BERITA FIN LAINNYA DI Google News


Rizal Husen

Tentang Penulis

Sumber: